Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Kamis, 18 April 2013

    Launching Aksi Nyata Gerakan Indonesia Bersih di Kabupaten Jombang

    Kader /Pengabdi Lingkungan Bersama Bupati  Suyanto & Hermin Rosita Sesmen LH-RI
    Kabupaten Jombang adalah kota ke 14 di Indonesia yang telah merespon tindak lanjut Pencanangan Gerakan Indonesia Bersih (GIB) oleh Wakil Presiden RI pada 12 Nopember 2012. Kepala Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa (PPEJ) Kementrian Lingkungan Hidup bersama Bupati Jombang Suyanto merespon positif dengan pelaksanaan lounching dan aksi nyata program GIB di Kabupaten Jombang yang digelar pada 18 April 2013, di Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Sampah , Banjardowo Jombang.

    Pencanangan GIB di Kabupaten Jombang yang menurut rencana di hadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA,di wakilkan kepada Sekretaris Mentri LH, Ir. Hermin Rosita MM. Hadir juga Kepala BLH di wilayah Jawa Timur, Wakil Bupati Jombang , Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Jombang dan Kepala SKPD.

    Kinerja pemerintah Kabupaten Jombang dibidang lingkungan yang berhasil memperoleh banyak penghargaan di tingkat nasional diapresiasi oleh Kementrian Lingkungan Hidup. “Kementrian LH mengapresiasi luar biasa kepada pemerintah kabupaten Jombang yang telah mampu mengatasai permasalahan lingkungan bersama masyarakatnya”, tutur Ir. Hermin Rosita. 

    Dengan tumbuhnya industri-industri baru di Kabupaten Jombang Sesmen Hermin Rosita juga menghimbau Bupati Suyanto untuk melakukan pengawasan pengendalian pencemaran air dan udara yang ditimbulkan dan juga melakukan reformasi transportasi.

    Gerakan Indonesia Bersih (GIB) menjadi bagian penting dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup khususnya kebersihan dan pengelolaan sampah melalui pelaksanaan 3R (reduce, reuse, recycle) yang melibatkan seluruh Kementerian/Lembaga, perusahaan dan masyarakat. GIB juga sangat membantu program pemerintah dalam penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 26% tahun 2020. Sebesar lebih kurang 2,6% adalah dari sektor persampahan dan sebesar 70% dari kegiatan TPA. Gerakan Indonesia Bersih adalah gerakan yang dicanangkan oleh pemerintah bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat melalui kesehatan pengelolaan sampah dan sanitasi di lingkungan rumah tangga, lingkungan perkotaan dan fasilitas-fasilitas umum. 

    Pada kesempatan tersebut Bupati Suyanto juga menerima 11 buku Rencana aksi Gerakan Indonesia Bersih tahun 2012 – 2014 yang meliputi : Buku 1 tentang kebersihan di prasarana dan sarana transportasi, Buku 2 tentang kebersihan di prasarana dan sarana kesehatan, Buku 3 tentang kebersihan di prasarana dan sarana pendidikan, Buku 4 tentang kebersihan sungai dan bantaran sungai, Buku 5 tentang kebersihan di kantor Pemerintah dan Markas TNI/Polri, Buku 6 tentang kebersihan di prasarana dan sarana perdagangan, Buku 7 tentang kebersihan di kawasan industri, Buku 8 tentang kebersihan di kawasan wisata, Buku 9 tentang kebersihan di ruang terbuka hijau, Buku 10 tentang kebersihan di prasarana dan sarana sosial dan keagamaan dan Buku 11 tentang kebersihan di prasarana dan sarana perkotaan. 

    Gerakan Indonesia Bersih dilaksanakan dengan mengacu pada konsep pengelolaan sampah dan sanitasi yang meliputi 5 (lima) aspek yaitu: Aspek peraturan, Aspek kelembagaan, Aspek pendanaan, Aspek Sosial budaya, dan Aspek Teknologi. 

    Menteri Lingkungan Hidup Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA, dalam sambutan tertulisnya menyatakan bahwa respon positif seperti kota Jombang perlu di contoh oleh kota-kota lainnya. Lebih lanjut dikatakan oleh Sesmen LH, Ir. Hermin Rosita MM bahwa pelaksanaan GIB sebagai kebijakan nasional perlu diimplementasikan sesuai dengan Pedoman dan Rencana Aksi Pengelolaan Sampah dan Sanitasi.

    Pada pencanangan tersebut 8 SKPD di Kabupaten Jombang menandatangani MOU sebagai komitmen bersama untuk mewujudkan GIB, yang disaksikan oleh Bupati Suyanto dan Hermin Rosita, Sesmen Lingkungan Hidup RI. Delapan SKPD tersebut antara lain Badan Lingkungan Hidup, PU Cipta Karya, PU Bina Marga, Dinas Perhubungan, Dinas Pasar, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan RSUD Jombang. 

    Program GIB ini fokus pada 6 lokasi yaitu : perkantoran, sekolah-sekolah, puskesmas/rumah sakit, perairan terbuka/sungai, pasar dan sarana transportasi seperti terminal, pelabuhan laut dan pelabuhan udara. 

    Pencanangan GIB ditandai dengan pelepasan burung dan penanaman pohon oleh Bupati Suyanto, Sekretaris Menteri, dan Forum Pimpinan Daerah kabupaten Jombang .Selain Sesmen Ir. Hermin Rosita dan Bupati Suyanto juga mengukuhkan Kader Lingkungan, Pengabdi Lingkungan dan Sekolah Adiwiyata. 

    Bupati Suyanto mengatakan bahwa pencanangan gerakan kebersihan dan penghijauan telah menjadi komitmen bersama untuk mendukung suksesnya program GIB. Gerakan ini diharapkan dapat memacu masyarakat Jombang untuk berpartisipasi aktif meningkatkan pilah dan olah sampah. 

    Sejumlah kader lingkungan, siswa siswi sekolah adiwiyata juga turut memeriahkan kegiatan tersebut, termasuk fashion show pakaian daur ulang sampah. Usai kegiatan pencanangan di TPA Banjardowo, rombongan tamu kementrian RI dan provinsi Jawa Timur tersebut juga melihat perkampungan organic, bank sampah, dan pameran daur ulang sampah yang ada di Geneng - Jombatan. (Wati_SJAM) 

    Jombang, 18 April 2013 
    Radio Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar