Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Minggu, 14 April 2013

    Dari Dialog Pembangunan 2013 : Komitmen Pemkab Jombang Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa

    Dialog pembangunan guna  pemantapan pelaksanaan program pembangunan dalam rangka Pemberdayaan Masyarakat dan Desa tahun 2013 masih berlanjut. Setelah putaran pertama di kecamatan Kudu, kecamatan selanjutnya yang mendapat giliran adalah Ngusikan pada (9/4/2013) dan kecamatan Ploso pada (10/4/2013).  Informasi pembangunan  pemerintah Kabupaten Jombang disampaikan langsung oleh Bupati Suyanto beserta wakil Bupati dan  jajaran kepala SKPD dilingkup pemkab Jombang.

    Kegiatan yang menjadi agenda rutin  pemerintah Kabupaten Jombang   pada  setiap awal-awal pelaksanaan APBD ini guna menginformasikan pembangunan sekaligus menjadi ajang serap aspirasi dan evaluasi pelaksanaan program pembangunan.

    Dialog pembangunan yang  melibatkan para tokoh masyarakat, tokoh agama, perangkat desa setempat, muspika  tersebut berjalan cukup efektif. Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh undangan yang hadir  untuk berdialog (Tanya jawab) dengan Bupati Jombang terkait pelaksanaan program dari berbagai bidang serta permasalahan yang terjadi diwilayahnya.

    Diungkapkan Bupati Suyanto bahwa peran pemerintah di era otonomi daerah kini semakin terbuka dan demokratis sehingga peran masyarakat semakin luas dan peran pemerintah  kabupaten Jombang adalah sebagai fasilitator. Menjadi pendorong   dari semangat kemajuan masyarakat yang semakin dinamis yang muncul dari partisipasi masyarakat. “Oleh sebab itu program pemerintah Kabupaten Jombang telah  kita awali dengan pendekatan partisipasi, yang selama ini tanpa kita sadarai telah  bapak ibu  lakukan, misalnya program berbasis masyarakat seperti  pokmas, PNPM dan sebagainya. Kita hanya  memfasilitasi dan  mendorong supaya apa yang sudah menjadi greget dari masyarakat dapat kita wujudkan “, cetusnya

    Kabupaten Jombang termasuk Kabupaten yang tumbuh dengan pesat diwilayah Provinsi Jawa Timur termasuk investasinya. Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Jombang 7,3 % . Dan ini lebih tinggi jika dibanding pertumbuhan ekonomi nasional  yang 6,7 %. “Hebatnya lagi pertumbuhan yang tinggi ini, cukup merata di Kabupaten Jombang, dan ini kondisi ini  harus kita jaga dan lebih kita  tingkatkan lagi”, tandasnya

    Masih disampaikan Bupati Suyanto bahwa diwilayah utara Brantas yakni diwilayah kecamatan Kabuh akan segera dibangun SMK terbesar. SMK yang akan dibangun diatas lahan seluas 5 Ha ini  dianggap paling bisa memenuhi kerjasama  dengan pihak swasta guna memenuhi tenaga siap kerja yang akan dapat diserap oleh sector industry.  Di SMK ini  nantinya diharapkan akan lahir  tenaga-tenaga  menegah terdidik, yang  trampil  disektor industry.  “Oleh karenanya saya minta kepada kita  semua untuk dapat menghantarkan pendidikan anak-anak kita agar jauh lebih baik, sehingga  anak-anak  kita lahir sebagai generasi yang mampu bersaing diera kemajuan dan era perubahan ini”, tegas Bupati Suyanto.

    Bupati yang pernah mendapat penghargaan Brantas award karena kepeduliannya terhadap tanggul Brantas ini,  juga terus  mengingatkan kepada masyarakat diwilayah Utara Brantasuntuk  tetap waspada serta senantiasa tidak pernah lengah untuk melakukan   pengamanan tanggul Brantas.”Kegiatan pengamanan tanggul Brantas (Jogo Tanggul)  harus tetap dioptimalkan.
    Dalam forum tersebut Bupati Suyanto yang telah menjabat satu periode sebagai wakil Bupati Jombang mendampingi Bupati Affandi. Dan selama dua periode menjabat sebagai Bupati  Jombang ini   menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin Jombang.  Sebab pada 23 September 2013 atas perintah Undang Undang Bupati Suyanto  harus menyerahkan jabatan Bupati kepada penggantinya yang akan dipilih pada 5 Juni 2013 mendatang.

    “Saya dan keluarga mengucapkan terima kasih pada masyarakat Kabupaten Jombang yang telah memberi mandat yang luar biasa hingga 3 periode memimpin Kabupaten Jombang yang luar biasa ini. Dan Alhamdulillah   telah banyak prestasi yang berhasil diraih Kabupaten Jombang , tentu ini semua adalah berkat dukungan dan kerjakeras seluruh masyarakat  Kabupaten Jombang. Dan tak lupa saya juga sampaikan terima kasih kepada Bapak Widjono Wakil Bupati Jombang yang telah mendampingi saya ”, tuturnya.

    Perlu diketahui pada tahun 2011 atas dukungan masyarakat kabupaten Jombang,  pemerintah Kabupaten Jombang berhasil memperoleh prestasi sebagai  Kabupaten Berkinerja Terbaik I Tingkat  Nasional. Pada tahun 2012 Jombang berada di peringkat ke 5 se Indonesia untuk Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. “Sedangkan tahun 2013 ini, Insyaallah kita masih berada di sepuluh besar  nasional”, ungkap Bupati Suyanto.

     Dialog peKecamatan yang akan mendapat giliran selanjutnya untuk kegiatan Dialog Pembangunan  bersama Bupati Suyanto antara lain  pada (11/4/2013) adalah kecamatan Kabuh. Dan selanjutnya di kecamatan  Wonosalam,  Bareng, dan Ngoro.(Wati_SJAM)

    Jombang, 10 April 2013
    Radio Suara Jombang Am

    0 komentar:

    Posting Komentar