Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Minggu, 14 April 2013

    Komitmen Pemkab Jombang Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa

    Meski masa jabatan Bupati  Jombang Suyanto tinggal beberapa bulan lagi, namun Bupati dua periode ini tetap semangat untuk menjalankan komitmennya, blusukan ke kecamatan-kecamatan guna pemantapan pelaksanaan program pembangunan dalam rangka Pemberdayaan Masyarakat dan Desa 2013. 

    Bertempat dipendopo Kecamatan Kudu,pada Senin  (8/4/2013) malam,  kehadiran Bupati  Jombang Suyanto dan wakil Bupati Jombang Widjono Soeparno  disambut  hangat oleh  tokoh agama dan tokoh masyarakat Kudu sebagai motor penggerak kecamatan dan desa. Kehadiran Bupati dan wakilnya ini diikuti asisten dan  jajaran SKPD terkait.

    Mengawali dialognya bersama masyarakat Kudu, Bupati Suyanto mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin pemerintah Kabupaten Jombang  melakukan kunjungan bergilir pada  setiap awal-awal pelaksanaan APBD. “Setidaknya dari 21 kecamatan yang  ditargetkan, dalam satu tahun  dapat tercover 10  kecamatan,  dan kali ini yang  mendapat giliran pertama adalah kecamatan Kudu” tutur Bupati Suyanto

    Dalam pertemuan tersebut, Bupati berkesempatan untuk dialog dengan masyarakat terkait evaluasi pelaksanaan program pembangunan yang telah berjalan di kecamatan Kudu  sekaligus guna pemantapan pelaksanaan program pembangunan daerah di kabupaten Jombang.

    Diungkapkan Bupati Suyanto bahwa peran pemerintah di era otonomi daerah kini semakin terbuka dan demokratis sehingga peran masyarakat semakin luas dan peran pemerintah  kabupaten Jombang adalah sebagai fasilitator. Menjadi pendorong   dari semangat kemajuan masyarakat yang semakin dinamis yang muncul dari partisipasi masyarakat. “Oleh sebab itu program pemerintah Kabupaten Jombang telah  kita awali dengan pendekatan partisipasi, yang selama ini tanpa kita sadarai telah  bapak ibu  lakukan, misalnya program berbasis masyarakat seperti  pokmas, PNPM dan sebagainya. Kita hanya  memfasilitasi dan  mendorong supaya apa yang sudah menjadi greget dari masyarakat dapat kita wujudkan “, cetusnya

    Pada kesempatan tersebut disampaikan juga oleh Bupati Suyanto kegiatan Pembangunan di wilayah kecamatan Kudu 2013. Menurut Bupati Suyanto Kecamatan Kudu merupakan kecamatan yang luar biasa  untuk ukuran wilayah utara Brantas. Pertumbuhan ekonomi diwilayah Kudu cukup baik, utamanya disektor perdagangan dan jasa. Sementara kontribusi bidang pertaniannya  juga memberi banyak kontribusi didalam PDRB masyarakat Kudu. Dan ini tentu juga berpengaruh bagi PDRB Kabupaten Jombang .  

    Kabupaten Jombang termasuk Kabupaten yang tumbuh den gan pesat diwilayah Provinsi Jawa Timur termasuk investasinya. Pertumbuhan ekonominya  jauh lebih tinggi yani 7,3 % jika dibanding pertumbuhan ekonomi nasional  yang 6,7 %. “Hebatnya lagi pertumbuhan yang tinggi ini, cukup merata di Kabupaten Jombang, dan ini harus kita jaga”, tandasnya

    Masih disampaikan Bupati Suyanto bahwa diwilayah utara Brantas akan segera dibangun SMK terbesar. SMK yang akan dibangun diatas lahan seluas 5 Ha ini  dianggap paling bisa memenuhi kerjasama  dengan pihak swasta guna memenuhi tenaga siap kerja yang akan dapat diserap oleh sector industry.  Di SMK ini  nantinya diharapkan akan lahir  tenaga-tenaga  menegah terdidik, yang  trampil  disektor industry.  “Oleh karenanya saya minta anda semua dapat menghantarkan pendidikan anak-anak kita jauh lebih baik, sehingga  anak-anak  kita lahir sebagai generasi yang mampu bersaing diera kemajuan dan era perubahan ini”, tegas Bupati Suyanto.

     Diingatkan pula oleh Bupati  Suyanto bahwa pengamanan tanggul Brantas harus tetap dioptimalkan. Apabila dikatahui ada kerusakan sedikit di tanggul Brantas harus segera di perbaiki.“Ingat, Jangan pernah kita  lengah ! ingat kejadian bencana yang pernah terjadi”, tuturnya

    Dalam forum tersebut Bupati Suyanto yang telah menjabat satu periode sebagai wakil Bupati dan dua periode sebagai Bupati  Jombang  menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kudu  yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin Jombang. “ 23 September 2013 atas perintah Undang Undang saya harus menyerahkan jabatan Bupati kepada pengganti saya, yang akan dipilih pada 5 Juni 2013, oleh karenanya Saya dan keluarga mengucapkan terima kasih pada masyarakat Kabupaten Jombang yang telah memberi mandat yang uar biasa hingga 3 periode, dan Alhamdulillah telah banyak prestasi yang berhasil diraih Kabupaten Jombang ”, tuturnya.

    Perlu diketahui pada tahun 2011 atas dukungan masyarakat kabupaten Jombang,  pemerintah Kabupaten Jombang berhasil memperoleh prestasi sebagai  Kabupaten Berkinerja Terbaik Nasional, yakni “Penyelenggara Pemerintahan Daerah Terbaik I se Indonesia dan pada tahun 2012 di peringkat ke 5 se Indonesia. Sedangkan tahun 2013 ini kita masih berada di sepuluh besar  nasional”, ungkapnya .

    Terus terang forum dialog dengan masyarakat semacam ini  harus di manfaatkan secara optimal. “Kami sangat yakin bahwa Kabupaten Jombang akan semakin luar biasa, insyaaallah setelah ini saya akan menjadi guru. Dan saat ini saya akan menyelesaikan  disertasi saya ”, pungkas Bupati Suyanto.
    Malam itu,  Bupati Suyanto juga menyerahkan  secara simbolis honor bagi  Pembantu Pembina KB Desa (PPKBD) dan sub PPKBD untuk kader-kader.(Wati_SJAM)

    Jombang, 8 April 2013
    Radio Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar