Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Jumat, 23 Desember 2011

    Jombang Raih Anugerah Parahita Ekapraya Pratama

    Kabupaten Jombang kembali mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Yakni meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Pratama. APE adalah sebuah bentuk penghargaan atau apresiasi bagi pemerintah daerah atas pelaksanaan  Pengarusutamaan Gender Terbaik. Kabupaten Jombang dinilai telah melaksanakan pengarusutamaan gender, yakni memiliki  prakarsa aktif dan menumbuhkan komitmen pemerintah daerah dalam penyusunan kebijakan yang responsif gender.

    Penghargaan tersebut diserahkan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono kepada Bupati Jombang, yang diwakili oleh Drs. Widjono Suparno Wakil Bupati Jombang tepat pada  puncak peringatan Hari Ibu ke 83 tahun 2011 (22/12)  di Balai Kartini, Jakarta Selatan.

    Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono memberikan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kepada 10 menteri, 1 kepala badan, 12 gubernur, dan 11 bupati, serta 3 walikota yang telah berkomitmen dan mengimplementasikan strategi pengarusutamaan gender dan pemenuhan hak anak di berbagai sektor pembangunan.

    Pada Hari Ibu yang mengambil tema “Peran Perempuan dan Laki laki dalam Membangun Ketahanan Ekonomi Menuju Kesejahteraan Bangsa “ ini, Presiden SBY menitipkan dua pesan penting. Yakni tentang Gerakan Hidup Bersih dan Gerakan Pembangkitan Ekonomi Akar Rumput. “ Saya gusar dan sedih melihat kondisi lingkungan yang kotor. Lingkungan yang kotor akan mengganggu kesehatan, pandangan juga pikiran kita” tutur Presiden SBY.

    Menurut Presiden SBY dalam gerakan pemberdayaan ekonomi, agar para perempuan menggiatkan koperasi dan UMKM pada komunitas kaum perempuan. “Dorong dan libatkan  kaum ibu dalam menjalankan  untuk usaha mikro, kecil , program pro rakyat seperti  PNPM Mandiri, dan bermitralah dengan pemerintah, swasta dalam pengembangan ekonomi didaerah”, lanjutnya.

    “Alhamdulillah kinerja pemerintah daerah Kabupaten Jombang kembali mendapat apresiasi  terbaik dari pemerintah pusat, melalui penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya, saya  berharap bisa memacu semangat semua pihak untuk bisa bekerja lebih baik dan penuh tanggung jawab demi terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender”,tutur Bupati Suyanto.

    Anugerah ini diselenggarakan setahun sekali dengan tim penilai independen, antara lain Pakar Gender IPB, Komnas Perempuan dan LSM. 

    Wakil Bupati Jombang, Widjono Soeparno bangga atas penghargaan ini. “Ini adalah hasil kerja sinergi beberapa program pemerintah kabupaten yang implementasinya menyentuh pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,” tegasnya sesaat setelah menerima penghargaan di Balai Kartini Jakarta Selatan. (WATI_Suara Jombang AM 792)

    Jakarta, 22 Desember 2011
    LPPL Radio Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar