Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Jumat, 23 Desember 2011

    Jelang Natal, Puluhan Produk Mamin Disita

    Menjelang Hari Natal dan Tahun Baru, Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang beserta tim melakukan sidak ke sejumlah toko maupun swalayan. Sidak yang dilakukan kali ini, untuk mengetahui produk-produk kadaluwarsa yang masih beredar di pasaran. Selain itu, untuk melindungi konsumen dari produk-produk yang sudah tidak layak dikonsumsi.

    Hasilnya, saat tim melakukan sidak di Toko Comodore, tim menemukan beberapa produk kadaluwarsa masih dijual. Produk kadaluwarsa tersebut adalah Kopi Moca Master sebanyak 6 pak. Tim sidak juga menemukan makanan rengginang yang sudah berjamur sebanyak 5 bungkus. Dua kaleng susu kental Frisian Flag yang rusak kemasannya, serta 5 bungkus kripik rambak yang tidak mencantumkan masa kadaluwarsa.

    Kepala Bagian Perekonomian Setdakab Jombang, Suparlan saat sidak  menjelaskan, sidak kali ini dalam rangka menjelang Hari Natal dan Tahun Baru untuk menertibkan mamin yang ada di sejumlah toko. “Itu sudah menjadi kewajiban untuk melindungi konsumen dari makanan yang layak atau tidak untuk di konsumsi,” ujarnya, Selasa (20/12).

    Ia mengatakan, menjelang hari besar seperti ini, masyarakat banyak mempersiapkan makanan ataupun minuman siap saji. Sehingga, masyarakat biasanya kurang memperhatikan kemasan yang masa kadaluwarsanya sudah lewat. Ia menambahkan, untuk makanan kering, batas ambang kadaluwarsanya satu bulan. Sedangkan untuk susu 2 bulan. “Pihak toko harus mengembalikan ke distributor,” pintanya.

    Usai melakukan sidak di toko yang ada di Jl KH Wahid Hayim itu, tim kemudian melanjutkan ke BMart yang ada di kawasan Jl Merdeka dan Toko Mitra di Jl KH Wahid Hasyim. Dari toko tersebut, tim sidak tidak menemukan produk kadaluwarsa. Hanya saja ada puluhan kaleng susu yang kemasannya rusak.

    Suparlan menandasakan, dari sejumlah produk yang tidak layak jual itu, pihaknya akan menyitanya. Kepada para pengelola toko, katanya, akan dilakukan pembinaan lebih lanjut.(Wati_SJAM)

    Jombang, 20  Desember 2011
    LPPL Radio Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar