Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Kamis, 17 Maret 2011

    HUT ke-61, Satpol PP Janji Lebih Mengayomi


    Peringatan hari jadi Satuan Polisi Pamong Praja yang ke-61 di Jombang digelar secara resmi di Lapangan Pemkab Jombang Kamis (17/3) pagi. Seluruh armada Satpol PP dan anggota Korpri hanyut dalam upacara ceremonial yang dipimpin langsung Widjono Soeparno, Wakil Bupati Jombang.

    Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati membacakan pidato Menteri Dalam Negeri RI yang berisi beberapa hal terkait perubahan wajah di tubuh Satpol PP. “Satpol PP yang bekerja sesuai tupoksi harus mengedepankan penataan, bukan penertiban agar dekat dan lebih mengayomi masyarakat” tegas Widjono.

    Terkait tugas Satpol PP sebagai lembaga yang memiliki wewenang untuk menegakkan Perda (peraturan daerah), Widjono berpesan untuk mengurangi tindakan yang berbau represif. Hal itu guna menghapus kesan kesewenang-wenangan yang selama ini melekat, di tubuh lembaga milik pemerintah daerah tersebut.

    “Satpol PP harus tampil tegas namun dengan wajah yang manis, tampil kuat dan kokoh serta tidak mengenal kompromi sehingga tidak melanggar hukum” kata Widjono. Tantangan yang dihadapi, lanjut Widjono, semakin berat mengingat varian masalah ketertiban yang kian kompleks.

    Widjono juga mengingatkan kewaspadaan anggota Satpol PP, karena konflik horisontal antar masyarakat dan konflik vertikal yang mengancam keamanan dan ketertiban, semakin tinggi intensitasnya.

    “Beberapa hal terkait konflik yang terjadi baik horisontal dan vertikal harus diwaspadai apalagi jaringan terorisme yang dapat mengancam kehidupan berbagsa dan bernegara” tambahnya.

    Intinya sikap profesionalitas harus dijunjung tinggi, mengalahkan aroganitas dan tindakan represif dalam menindak pelanggaran perda. Mengingat ketegasan dan kedisiplinan tidak selamanya berbanding lurus dengan suara keras dan tindakan arogan.

    Disela upacara tersebut juga dibacakan beberapa janji anggota Satpol PP untuk lebih bersikap humanis, disiplin, etis, menjalin hubungan yang manis dengan instansi pemerintahan, pelayanan yang baik terhadap masyarakat serta memegang teguh komitmen penegak perda.

    “Mari bangun karakter lebih profesional” pungkas Widjono menutup upacara peringatan HUT Satpol PP. (Dedi_SJAM)

    Jombang, 17 Maret 2011
    Tim Liputan SJAM

    0 komentar:

    Posting Komentar