Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Selasa, 08 Maret 2011

    Bupati Suyanto : Ketahanan Pangan Nasional Mulai Rapuh


    Ketahanan pangan nasional mulai rentan dan rapuh. Pernyataan ini diungkapkan oleh Bupati Jombang, Drs.H Suyanto, MM dalam Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Perberasan di Ruang Bung Tomo Pemkab Jombang pada awal Maret lalu.

    Bupati Jombang Drs H. Suyanto, MM mengungkapkapkan bahwa salah satu indikator yang menguatkan ketahanan pangan nasional yaitu peningkatan produksi pertanian yang cukup dan pembelian gabah / beras untuk dicadangkan, karena ada indikasi bahwa stok pangan nasional sangat rentan dan mulai rapuh.

    “Ketahanan pangan nasional saat ini sudah mulai rentan, dengan globalisasi dan adanya ketegangan antara Cina, India dan Amerika sangat dikhawatirkan oleh produsen beras sehingga mereka menyiapkan stok cadangan beras hingga cukup untuk 7 tahun” kata Suyanto.

    Suyanto menilai, pada persiapan musim panen tahun 2011 ini, harga dasar dan harga pasar gabah kering panen di tingkat petani harus dapat dipertahankan agar nilai tukar petani lebih tinggi dan petani lebih sejahtera.

    “Kalau Dolog tidak mampu membeli gabah petani dengan harga diatas harga dasar atau lebih tinggi dari harga pasar, maka para petani tidak akan dapat sejahtera, ini tugas pemerintah untuk dapat membuat nilai tukar petani lebih tinggi” tambah Suyanto.

    Beberapa waktu lalu Bupati Suyanto juga menghadiri persiapan panen raya dan temu lapang di Desa Karang Luh Mojowarno, Suyanto berpesan agar petani tetap memiliki semangat untuk mewujudkan dan mengoptimalkan keberhasilan pertanian. “Mari kita optimalkan pertanian untuk kemajuan bersama, karena Jombang sebagian besar wilayahnya adalah wilayah pertanian” himbau Suyanto.

    Tahun 2011 ini Bulog Subdivre Surabaya Selatan telah mengalokasikan pengadaan beras sebesar 130.000 ton dan 61% dari total pengadaan tersebut akan dipasok ke Kab.Jombang secara berkala. (Dedi_SJAM)


    Jombang, 8 Maret 2011
    Tim Liputan SJAM

    0 komentar:

    Posting Komentar