Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Rabu, 12 Desember 2012

    Jombang Masuk 10 Besar Kabupaten Terbaik IGRA 2012

    Kepedulian masyarakat Jombang dalam menjaga kelestarian lingkungan kembali teruji. Setelah minggu lalu Wakil Bupati Widjono Soeparno menerima penghargaan tertinggi di bidang pelestarian lingkungan yakni Raksaniyata di Istana Wapres Kebun Sirih Jakarta, kali ini kota santri kembali masuk dalam 10 besar kabupaten terbaik Indonesian Green Region Awards 2012.

    Penghargaan yang prestisius ini diberikan kepada kabupaten / kota yang dinilai memiliki kepedulian yang tinggi dalam hal keberlangsungan lingkungan hidup di daerahnya secara terencana dan massif. Penghargaan ini sudah kali ketiga yang diselenggarakan oleh KBR68H dan Majalah SWA dan dianugerahkan pada Selasa (11/12/2012) siang di Balai Kartini Jakarta.

    IGRA merupakan sebuah tolok ukur keberhasilan kabupaten / kota yang diuji melalui sejumlah tahapan dan melibatkan banyak pihak. Pada tahap awal panitia mengumpulkan data terkait kebijakan daerah dalam hal lingkungan. Bagaimana keterlibatan dan manfaat yang dirasakan masyarakat serta kerjasama yang dijalin dengan LSM atau lembaga lain dalam mendorong terlaksananya program-program lingkungan juga masuk dalam kategori penilaian.

    Direktur Utama KBR68H, Santosa menegaskan latar belakang digelarnya IGRA adalah untuk menularkan sebuah virus. Virus untuk peduli terhadap lingkungan baik dikaitkan dengan kebijakan yang berkaitan dengan lingkungan, pengelolaan anggaran maupun komitmen pemerintah. “Karena dengan menularkan virus tersebut, kita bisa menjaga keberlangsungan kelestarian hidup lingkungan,” tegas pria yang akrab disapa Tosca ini.

    Kusnan, Redaktur Swa  mengamini apa yang ditegaskan Santosa. Kabupaten / kota yang concern terhadap lingkungannya patut diapresiasi. Penjaringan peserta dilakukan dengan meminta pemerintah propinsi untuk memberikan rekomendasi kabupaten / kota yang dianggap memiliki potensi. “Dari rekom tersebut baru kita ikutkan kompetisi, diluar itu kita juga membuka peluang bagi peserta yang memang ingin mengikuti IGRA 2012 ini,” katanya.

    Penilaian dilakukan dengan menggunakan teknik Delphi. Ada 6 orang panelis yang berasal dari kalangan pemerintah, pemerhati lingkungan, media dan swasta. Keenam orang ini lantas memberi  penilaian atas presentasi dari masing-masing finalis. Setelah itu, nilai tersebut diranking dan diurutkan berdasarkan penilaian tertinggi.

    Setelah proses penilaian ini terpilihlah 10 kabupaten dengan nilai tertinggi yakni Banyumas, Gresik, Jepara, Karanganyar, Lamongan, Malang, Muara Enim, Ngawi, Purbalingga dan Kabupaten Jombang. Sedangkan untuk 9 kota yang terpilih antara lain Medan, Padang, Payakumbuh, Probolinggo, Surabaya, Surakarta (Solo), Tangerang, Tarakan dan kota Yogyakarta.

    Asisten Deputi Kajian Wilayah dan Sektor Kementrian Lingkungan Hidup , Heru Waluyo mengungkapkan kelebihan yang dimiliki oleh kesembilan belas finalis adalah komitmen pemerintah daerah yang cukup menonjol. “Tipikal masing-masing kota memang berbeda, makanya jika komitmen pimpinan atau leadershipnya baik maka baik pula program dan kebijakan yang diterapkannya,” kata Heru.

    Jika ditilik kebelakang, penghargaan terkait lingkungan sudah dikoleksi Jombang untuk kesekian kalinya di tahun 2012 ini . Penghargaan Adipura dan Adiwiyata , penghargaan JPIP Otonomi Awards dilanjutkan penghargaan Reksaniyata  dan sekarang IGRA. Bupati Suyanto menilai bahwa apresiasi yang diberikan oleh pemerintah pusat maupun swasta merupakan buah dari kerja keras, keseriusan dan kesungguhan Pemkab Jombang selama ini dalam mengemban tupoksi di masing-masing dinas. “Apresiasi ini merupakan buah dari apa yang kita kerjakan dengan sepenuh hati sehingga orang lain pun mengapresiasi apa yang kita lakukan,” kata Suyanto.

    Jika berbicara program, lanjut Suyanto, secara kualitatif bagaimana program-program ini dapat mengubah kebiasaan masyarakat menjadi lebih baik sekaligus juga secara kuantitatif dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan termasuk sesuai dengan kebijakan besaran penganggaran yang dikeluarkan.

    “Kami merasa bangga atas apresiasi pemerintah pusat, paling tidak ini bisa kita jadikan standart  atas kesungguhan dan keseriusan pemerintah daerah dalam menyusun program pelaksanaan sampai mengevaluasi.  Sehingga penghargaan ini dapat berimbas pada kemajuan program-program ke depan,” pungkas Bupati Suyanto.

    Kepala Badan Lingkungan Hidup, Heru Widjayanto mengaku bangga atas capaian yang diraih saat ini. “Semua berkat kerja keras kita bersama, pemerintah, dunia usaha dan masyarakat yang telah cerdas dalam mengelola lingkungan hidupnya,” tegas Heru. (Dedi_SJAM)

    Jakarta, 11 Desember 2012
    Radio Suara Jombang AM 792 KHz

    0 komentar:

    Posting Komentar