Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Rabu, 26 Desember 2012

    Balai “Wani Crafe” Desa Mojoduwur Diresmikan




    Bertempat di desa Mojoduwur Kecamatan Mojowarno, Sabtu (22/12/12) Drs. H.Widjono Soeparno MSi meresmikan Balai atau Gedung  WANI CRAFE (Wanita Kreatif). Gedung Wani Crafe yaitu gedung yang berfungsi untuk memamerkan serta  memasarkan hasil ketrampilan  dan hasil karya ibu ibu desa Mojoduwur.

    Gedung Wani Crafe adalah salah satu hasil dari program PLPBK (Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas). Program  PLPBK yang digagas  sejak tahun 2009 ini mempunyai tujuan yaitu menata ruang belajar untuk menata permukiman dan lingkungan secara mandiri dan berkelanjutan, serta melakukan pemasaran baik secara Internal maupun eksternal. Karena disetiap lokasi  Program PLPBK diterjunkan seorang TAP(Tenaga Ahli Pemasaran). Dari 7 lokasi Program PLPBK Desa Mojoduwur ini adalah  salah satunya yang berhasil melakukan pemasaran baik internal maupun eksternal. Dan wujud keberhasilan secara internal adalah dapat merubah perilaku masyarakatnya. Yaitu masyarakat menjadi tanggap, pola pikir masyarakat juga berubah serta pola pikir masyarakat menjadi partisipatif. Dan wujud keberhasilan secara eksternal adalah masyarakat mampu bekerja sama dengan pihak di luar Mojoduwur untuk peduli CSR. 

    Dalam sambutannya Drs. H.Widjono Soeparno Msi mengungkapkan bahwa dalam upaya pemberdayaan perempuan yang dilihat bukan hasil akhirnya (outputnya) tetapi adalah bagaimana proses pemberdayaan tersebut. “Kegiatan seperti ini harus terus dilakukan dengan baik.  Karena kita tidak boleh melihat outputnya saja, tetapi harus melihat proses pemberdayaan tersebut,” ungkap Widjono Soeparno

    Wabup Widjono Soparno juga menyampaikan upaya yang terkait dengan PNPM Mandiri adalah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakatnya. Dan apa yang dilaksanakan di Desa Mojoduwur terutama  upaya untuk pemberdayaan perempuan dinilai oleh Wabup Widjono telah  dilakukan dengan efektif.

    “Atas usaha pemberdayaan masyarakat yang telah dilaksanakan secara efektif di Desa Mojoduwur ini maka Pemerintah kabupaten Jombang mengucapkan terima kasih, apalagi pada bulan Desember 2012 ini Kabupaten Jombang mendapatkan Anugerah APE (Anugerah Parahita Ekapraya) dari pemerintah pusat,ini sangat luar biasa” ujar Wabup Jombang.

    Dalam kegiatan ini juga diramaikan dengan kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh masyarakat Desa Mojoduwur dan sekitarnya yang diberangkatkan  oleh Widjono Soeparno Wakil Bupati Jombang. Selain itu disela sela kegiatan tersebut juga diserahkan cindera mata kepada Drs H.Widjono Soeparno wabup Jombang selaku Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah. Serta diserahkannya komitmen dari beberapa lembaga untuk melakukan kerjasama dalam bidang pembangunan serta pemberdayaan di Desa Mojoduwur. 

    Diantara lembaga lembaga yang telah berkomitmen untuk melakukan kerjasama dengan Desa Mojoduwur adalah dari Dinas PU Cipta Karya, Badan Lingkungan Hidup, Kantor Ketahanan Pangan, Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Jombang, DPRD Jombang ,Disporabudpar serta dari Indosat. (Jodhie/*WT_SJAM)

    Jombang, 22 Desember 2012
    AM 792 KHz Radio Suara Jombang

    1 komentar:

    1. semoga acara seperti ini dapat berlanjut setiap tahun dan bisa jadi contoh untuk desa_desa yang lain!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      BalasHapus