Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Rabu, 19 Desember 2012

    Jombang Kembali Raih Anugerah Parahita Ekapraya





    Kabupaten Jombang kembali meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) untuk kedua kalinya secara berturut-turut. Penghargaan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada 18 Desember 2012 di Gedung SMESCO Jalan Gatot Subroto Jakarta.

    Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa  Anugerah Parahitna Ekapraya adalah penghargaan dari Pemerintah Pusat atas pelaksanaan pemberdayaan perempuan dan pengarusutamaan gender yang penilaian dan evaluasinya dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan RI. Tujuannya adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada kaum perempuan Indonesia sesuai dengan kemampuan dan eksistensinya untuk berkarya dan berpartisipasi dalam pembangunan.

    Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar, mengatakan bahwa APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah atas keberhasilannya menerapkan strategi dalam program pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Karena saat ini, perempuan memegang peranan penting, khususnya dalam dua hal yakni peningkatan kebersihan lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

    "Sejak pertama kali mengikuti APE dua tahun lalu, Kabupaten Jombang selalu berhasil meraih penghargaan tersebut, dan ini merupakan tahun kedua untuk tingkat Madya yang berjumlah 20 kabupaten/kota . Kabupaten Jombang memiliki banyak program dan inovasi yang berkaitan dengan pengarusutamaan gender. Dan yang paling utama Kabupaten Jombang telah memiliki beberapa inovasi tentang pemberdayaan perempuan yang telah berhasil diterapkan," kata Supariyanto, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Jombang.

    “Kita patut berbangga, karena selama dua tahun berturut-turut, Kabupaten Jombang meraih anugerah ini. Prestasi ini tidak terlepas keseriusan Kabupaten Jombang menangani permasalahan perempuan dan anak,’’kata Supariyanto..Sebagai instansi yang menangani permasalahan perempuan dan anak, pihaknya telah menjalankan pengawasan secara maksimal. Beberapa kegiatan yang berkaitan dengan gender yaitu pemberian pendidikan dan latihan bagi PPTK dalam penyusunan anggaran responsive gender. Para peserta diberi materi tentang penyusunan anggaran yang responsive gender sehingga tidak ada kesenjangan antara laki-laki dan perempuan.

    Dalam penjelasannya, Bupati Jombang, Suyanto menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Jombang bertekad untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada kaum perempuan sesuai dengan kemampuan dan eksistensinya untuk berkarya dan berpartisipasi dalam pembangunan. Dengan adanya pemberdayaan perempuan telah menunjukkan bahwa strategi pengarusutamaan gender telah masuk dalam program pembangunan yang dimulai dari tahap perencanaan, perumusan kebijakan, pelaksanaan, sampai tahap evaluasi dan monitoring.

    Kabupaten Jombang dalam meningkatkan kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki telah bekerjasama dengan organisasi-organisasi perempuan di antaranya dengan Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW), PKK serta organisasi wanita lainnya. “Peran serta Tim Penggerak PKK dalam melaksanakan program PKK yaitu merencanakan, melaksanakan, membina program-program kerja PKK sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat,” ungkap Ibu Nina Suyanto, Ketua TP PKK Kabupaten Jombang. Upaya dan kerjasama antara PKK dan pemerintah kabupaten dalam mewujudkan lingkungan serta fasilitas yang layak dalam mewujudkan Kabupaten Jombang dengan pendidikan yang berkualitas, lingkungan yang berbudaya, serta masyarakat yang sehat dan sejahtera.

    “Dalam rangka menunjang keterpaduan dan keberlangsungan program pembangunan berbasis gender, anggaran untuk pelaksanaan program pemberdayaan perempuan dan pengarusutamaan gender setiap tahunnya meningkat, selaras dengan ditetapkannya kebijakan setiap SKPD minimal satu kegiatan responsif gender” ujar Suyanto.

    Pemberian penghargaan ini bersamaan dengan peringatan Hari Ibu (PHI) tahun 2012 ini yang bertemakan “Peran Perempuan dan Laki-laki Dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Menuju Kesejahteraan Bangsa”, sangat sesuai dengan harapan  diberikannya penghargaan APE. Peringatan ini merupakan upaya bangsa Indonesia untuk mengenang  dan menghargai perjuangan kaun perempuan Indonesia yang telah berjuang dalam merebut kemerdekaan (aries_sjam)

    Jakarta, 18 Desember 2012
    AM792 KHZ Radio Suara Jombang 

    0 komentar:

    Posting Komentar