Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Selasa, 18 Oktober 2011

    Pelayanan Publik Puskesmas Mojoagung Diuji

    Pelayanan publik sebagai bentuk service yang diberikan pemerintah kepada masyarakat kembali diuji. Kali ini, puskesmas yang jadi sasaran. Sebanyak 6 orang tim dari Pemerintah Provinsi Jatim pagi ini, Selasa (18/10/11) terjun langsung ke Puskesmas Idaman Mojoagung untuk melakukan penilaian. Rombongan dipimpin Siti Roaniah, SH Msi dari Biro Organisasi memimpin 5 orang anggota tim dari berbagai instansi diantaranya Biro Hukum Pemprov Jatim, Depkominfo dan Inspektorat. Tim penilai kinerja unit pelayanan publik percontohan diterima oleh Wakil Bupati Jombang, Drs.H Widjono Soeparno,Msi didampingi Dr.Suparyanto,MKes Kepala Dinas Kesehatan Jombang dan dr.Sriwulani Sumargo, Sp.Rad,MKes Kepala Puskesmas Mojoagung.

    Wabup Widjono dalam sambutannya mengapresiasi kunjungan tim penilai ke Puskesmas Mojoagung. "Kami mengapresiasi positif adanya penilaian ini untuk perbaikan ke depan, karena Puskesmas Mojoagung ini salah satu Puskesmas terbaik yang dimiliki Jombang," tegasnya. Disamping sebagai bentuk evaluasi kinerja aparatur pemerintah di bidang kesehatan, penilaian yang dilakukan tim gabungan pemprov ini juga sebagai tindak lanjut Permen PAN (Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara) No. 7 tahun 2011 terkait perbaikan tingkat pelayanan publik kepada masyarakat.

    Kepala Puskesmas Mojoagung dr.Sriwulani,SpRad, MKes sedikit mereview dan mempresentasikan profil Puskesmas Idaman Mojoagung yang telah meraih ISO 9001 tahun 2008 ini. Beberapa terobosan dan inovasi dibeber didepan tim penilai, seperti layanan 24 jam dan pelayanan rawat inap. "Kami memiliki fasilitas rawat inap dengan kapasitas 40 tempat tidur dengam lingkungan yang bersih dan nyaman serta tenaga medis yang profesional," terangnya.

    Beberapa aspek penilaian yang disorot oleh tim penilai diantaranya visi dan misi puskesmas, layanan dan prosedur, SDM atau sumber daya manusia, sarana dan prasarana, inovasi serta beberapa hal yang menonjol. "Memang ada banyak komponen penilaian, namun yang paling kami utamakan dan jadi fokus adalah masalah pelayanan," kata Siti Roaniah ketua tim penilai. Pujian dan kritik sempat terlontar dari tim penilai. Apresiasi yang tinggi diberikan oleh tim penilai terkait lingkungan puskesmas yang bersih dan asri serta banyak tumbuhan peneduh, namun Siti sempat menyoroti papan nama puskesmas yang terlalu menjorok ke dalam sehingga tak terlalu nampak jika dilihat dari jalan raya.

    "Sebaiknya penempatan papan nama perlu diperhatikan, apalagi tinggi tanah puskesmas lebih rendah dari jalan raya, harus bisa dilihat dari jauh," katanya. Tim penilai juga mengkritik sistem komputerisasi online agar lebih up date lagi serta hal lain terkait kebersihan toilet. "Kalau toiletnya bersih, otomatis penilaian masyarakat juga baik. dan yang lain mengikuti," tegas salah satu tim penilai dari Depkominfo. Usai mendengarkan paparan kepala puskesmas, tim penilai melakukan monitoring ke beberapa layanan serta poli dan klinik Puskesmas Mojoagung. (Dedi_SJAM)

    Jombang, 18 Oktober 2011
    Tim Liputan SJAM

    0 komentar:

    Posting Komentar