Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Rabu, 12 Oktober 2011

    480 Prajurit Batalyon Infanteri Terjun di Ploso

    Desa Tanggungkramat Ploso jadi sasaran sekitar 480 prajurit anggota Batalyon Infanteri Linud (Lintas Udara) 501 Bajra Yudha Malang untuk terjun payung. Menghangatnya kembali kasus pencaplokan wilayah Indonesia di Kalimantan yang dilakukan Malaysia nampaknya turut melatarbelakangi latihan tempur ini.

    Namun hal itu langsung dibantah Komandan Brigif Linud 501 Bajra Yudha Malang, Letkol Inf Sidhi Purnomo. “Kami hanya latihan terjun taktis untuk meningkatkan kemampuan tempur,” tegasnya. Meski demikian, korps infanteri ini mengaku siap bertempur habis-habisan mempertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI dari gangguan militer.

    Simulasi perang dan latihan terjun taktis yang dilakukan mirip yang digelar di Kabuh beberapa bulan lalu. Para prajurit, terjun dari ketinggian ratusan meter untuk menuju sasaran. Dalam simulasi ini, digambarkan sebuah daerah dikuasai oleh gerakan separatis dan tugas para prajurit adalah mengepung dari jalur darat dan udara.

    Begitu berhasil mencapai titik koordinat yang telah ditentukan, para prajurit melakukan pengepungan dan penguasaan wilayah. Praktis, gerakan separatis berhasil diamankan dan wilayah disterilkan. Latihan dengan model ini memang efektif untuk menghantam barikade pertahanan musuh yang lemah disisi udara. Beberapa waktu lalu, sekitar 300 prajurit dari Batalyon yang sama melakukan latihan serupa di medan persawahan Kabuh. (Dedi_SJAM)

    Jombang, 12 Oktober 2011
    Tim Liputan SJAM

    0 komentar:

    Posting Komentar