Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Selasa, 25 Oktober 2011

    Gus Ipul : Pramuka Hadapi Tantangan Berat

    Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim mengakui bahwa saat ini pramuka sedang dalam masa kritis dan dihadapkan dengan tantangan berat. Hal itu dikemukakan saat mantan menteri percepatan desa tertinggal asli Jombang ini melantik majelis pengurus cabang, kwartir cabang dan lembaga pemeriksa keuangan pramuka Jombang masa bakti 2011 - 2016 di pendopo pemkab, Senin (25/10/11) kemarin.

    “Tantangan itu datang dari globalisasi, mengkikis kecintaan pada tanah air, nasionalisme yang mulai tergerus, itu gambaran yang terjadi saat ini,” kata Gus Ipul, panggilan akrabnya. Mental pramuka, menurutnya, dibentuk dengan beberapa tonggak diantaranya cinta tanah air, saling tolong menolong antar sesama dan dibekali sikap kepemimpinan. Tonggak itu lama-lama mengeropos seiring makin tuanya usia jaman.

    Gus Ipul juga mengutip pernyataan Bung Karno yang menyatakan bahwa pramuka adalah milik bangsa Indonesia baik yang memakai seragam pramuka atau tidak. Karena jiwa bangsa Indonesia tercermin dalam kepramukaan.

    Selain Bung Karno, peryataan Gus Dur yang merupakan presiden RI ke-4 juga dikutip olehnya. “Sebagian orang sudah melupakan bahkan mengabaikan pramuka, padahal pramuka mengajarkan tolong menolong antar sesama,” tambahnya menirukan tokoh Jombang yang terkenal dengan guyonan “gitu aja kok repot” nya itu.

    Hal ini juga diamini oleh Bupati Suyanto. Kepramukaan harus memiliki kepercayaan diri untuk terus berkembang. “Di era teknologi seperti masa sekarang, banyak yang sudah kehilangan jati diri, maka pramuka lah yang harus mengembalikan itu,” tegasnya saat memberi sambutan di depan majelis yang akan dilantik.

    Setelah melantik pengurus cabang yang baru, Gus Ipul memberi apresiasi yang besar kepada gerakan pramuka di kota santri. “Saya sudah sering melantik para pengurus cabang di berbagai daerah di Jatim, tapi saya akui, terbaik dari yang terbaik adalah gerakan pramuka Jombang,” pungkasnya diikuti riuh tepuk pramuka dari undangan yang hadir. (Dedi_SJAM)

    Jombang, 24 Oktober 2011
    Tim Liputan Humas

    0 komentar:

    Posting Komentar