Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Rabu, 20 April 2011

    Pamit Kenal Kapolres Jombang

    AKBP Samudi, S.IK secara resmi menyerahkan jabatannya sebagai Kapolres Jombang semalam. Mantan Kapolres Jombang ini mengemban tugas baru sebagai Kapolres Jember. Posisinya digantikan oleh AKBP Marjuki, S.IK Msi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Binkar (bimbingan karier) di Polda Jatim.
    Malam pamit kenal yang digelar Kamis (14/4) malam tersebut dihadiri segenap Muspida, jajaran pejabat lingkup Pemkab Jombang bersama Bupati dan Wabup. AKBP Samudi terbilang singkat bertugas di wilayah hukum Polres Jombang. Baru sekitar 8 bulan lalu ia menjabat sebagai Kapolres Jombang namun sekarang telah berpindah tugas.
    Dalam sambutannya semalam, Samudi menegaskan bahwa ia tak menyangka akan secepat ini berpindah tugas. “Padahal yang punya firasat untuk meninggalkan Jombang itu Pak Kajari dan Ketua PN, karena masa tugas di Jombang sudah cukup lama, bahkan beliau sempat pamit ke saya” ujarnya tersenyum.
    “Tapi malam ini saya yang pamit” tegasnya melanjutkan. Samudi menilai kondusifitas Jombang cukup stabil selama dirinya bertugas. “Tolok ukur saya mengatakan aman itu masyarakat tetap dapat beraktifitas” ujarnya. Suasana malam pamit kenal yang digelar di halaman Mapolres Jombang tersebut cukup epik. Panitia juga memutar profil Kapolres lama dengan dua layar lebar untuk memenuhi jarak pandang sekitar 1000 undangan.
    Dalam kesempatan tersebut AKBP Samudi mohon pamit kepada seluruh jajaran Muspida, Bupati dan Wabup. Tak ketinggalan, ia juga memohon doa restu kepada seluruh anggota Polres Jombang. “Untuk anggota saya, saya mohon pamit, keberhasilan seorang pemimpin itu sebenarnya karena keberhasilan anggota” ujarnya.
    Jabatan baru Kapolres Jombang saat ini diemban oleh AKBP Marjuki, S.IK Msi, adik kelas AKBP Samudi di Akpol. Bisa dibilang, seluruh anggota Polres Jombang sudah mengenal sosok bapak satu anak ini. Karena sebelumnya, ia menjabat sebagai Kepala Bidang Bimbingan Karier. “Paling tidak, sudah tidak asing dengan saya karena tugas saya dulu menempatkan anggota di wilayah-wilayah jadi dipaksa untuk mengenal satu persatu anggota” ujarnya disambut riuh undangan.
    AKBP Marjuki yang resmi menjabat sebagai Kapolres Jombang menceritakan awal kariernya di kepolisian. “Awal mula saya ditugaskan di Sulawesi, lalu sempat berpindah-pindah ke Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Surabaya sampai akhirnya ke Jombang” bebernya. “Bang Samudi ini adalah pembimbing kita dulu waktu di Akpol, kenapa saya panggil Bang, itu karena alumni 91 dan 93 tidak terlampau jauh” lanjutnya.
    Bupati Suyanto saat memberikan sambutan sempat melontarkan guyonan khasnya. “Dari jauh wes mambu-mambu Jenderal” ujarnya disambut gerr undangan. “Hal ini juga hampir sama ketika 8 bulan yang lalu Pak Samudi menjabat sebagai Kapolres baru, juga mambu-mambu Jenderal” tegasnya sembari tersenyum.
    Bupati Suyanto mengulas mengapa Jombang banyak melahirkan tokoh-tokoh penting yang akhirnya memiliki peran penting di lingkup nasional. “Jombang, banyak melahirkan orang-orang yang berpengaruh di tingkat nasional, seperti Pak Kapolri, tiap ke Jombang beliau tak pernah mau dikawal, ini culture Jombang” paparnya.
    Jombang, lanjutnya, merupakan daerah pertemuan dua kebudayaan besar yakni surabayan dan mataraman. Dan sejak jaman Mojopahit, selalu menjadi tempat menimba ilmu. Hingga saat ini ada sekitar 148 pesantren besar dan kecil dengan total santri mencapai 13 ribu.
    “Pak Samudi meskipun bertugas singkat di Jombang, tapi sudah memberi warna tersendiri. Beliau ini bisa memberi susasana cerah dan auranya sejuk” kata Suyanto. “Saya hafal betul kebiasaan Pak Samudi, pembawaan beliau tenang, meskipun dalam keadaan genting sekalipun” tambahnya.
    Di akhir sambutannya, Bupati Suyanto memaparkan bahwa sudah dua tahun berturut-turut Jombang mendapatkan apresiasi dalam hal kerjasama pemerintah daerah dan kepolisian resor. “Kerjasama yang solid ini sudah membuahkan 2 trophy penghargaan, yakni tahun 2010 dan 2011” pungkasnya. (Dedi_SJAM)

    0 komentar:

    Posting Komentar