Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Sabtu, 09 November 2013

    Komitmen Mengoptimalkan Peran Dewan Ketahanan Pangan Jombang



    Komitmen & Prestasi : Tjaturina Wihandoko Terima Trophy Juara  dan Rakor DKP Jombang

    Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Ketahanan Pangan (DKP)Kabupaten Jombang tahun 2013, telah dibuka oleh Bupati Jombang yang diwakili oleh Plt Sekdakab Jombang Drs. Hasan MSi, pada Kamis 7 Nopember 2013. Rakor digelar di ruang Bung Tomo Kantor pemkab Jombang tersebut  bertujuan untuk  membangun komitmen  mengoptimalkan peran Dewan Ketahanan Pangan  dalam rangka penguatan  ketahanan pangan serta  sinergitas lintas SKPD dalam merumuskan  kebijakan ketahanan pangan  di Kabupaten Jombang.

    Ir. Nuraini MM Kepala Kantor Ketahanan Pangan menyampaikan bahwa  dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional, sebagaimana diatur dalam  UU No. 18 tahun 2012 tentang pangan telah mengamanatkan bahwa penyelenggaraan pangan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia, yang memberikan manfaat secara adil, merata, dan berkelanjutan berdasarkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan.

    Namun perlu dipahami bahwa pada saat ini, lanjut Nuraini, berbagai tantangan dan perubahan lingkungan strategis telah mempengaruhi ketahanan pangan nasional. Dengan adanya kondisi tersebut, maka guna mewujudkan kedaulatan pangan dan kemandirian pangan, pemerintah telah menempatkan pembangunan ketahanan pangan sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional.

    “Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah, Kabupaten Jombang  telah melakukan berbagai langkah dan kebijakan untuk mewujudkan ketahanan pangan di daerah, Syukur Alhamdulillah, berkat kerja keras yang telah dilakukan, produksi pangan pokok utama kita, yakni beras, sampai dengan saat ini selalu  berhasil mencapai surplus ”. tuturnya.

    “Untuk itu melalui Rakor Dewan Ketahanan pangan, kita berkomitmen untuk  semakin mengoptimalkan peran Dewan Ketahanan Pangan, Selain itu juga untuk mengsingkronkan fungsi dan merumuskan kebijakan ketahanan pangan daerah yang akan diterapkan dimasa mendatang, guna mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Jombang”, pungkas Nuraini.

    Drs. Hasan MSi, Plt Sekdakab Jombang dalam sambutan Bupati yang dibacakannya, menyampaikan bahwa Rapat  Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan  merupakan forum strategis yang diadakan secara berkala dan berkelanjutan untuk mengevaluasi, mendiskusikan, membahas permasalahan serta menetapkan langkah-langkah operasional bersama dalam membangun ketahanan pangan.

    Sebagaimana  tema dari Rakor Dewan Ketahanan Pangan yakni Optimalisasi Peran Dewan Ketahanan Pangan  Dalam Pemantapan Ketahanan Pangan di kabupaten Jombang diharapkan mampu mempercepat  Peningkatan Produksi Komoditas Pangan  dan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan.

    Melalui rakor Dewan ketahanan Pangan ini diharapkan mampu mengatasi  permasalahan pembangunan ketahanan pangan serta menyamakan visi dan persepsi dalam merumuskan kebijakan pembangunan ketahanan pangan di  kabupaten Jombang sebagaimana visi misi Kabupaten Jombang “Jombang Sejahtera Untuk Semua”, tuturnya.

    Diharapkan pula, sesuai dengan konsep ketahanan pangan adalah terpenuhinya bahan pangan sampai di tingkat rumah tangga baik dalam jumlah, kualitas, beragam serta aman untuk di konsumsi harus dapat diwujudkan. Adapun kestabilan dan kesinambungan penyediaan pangan sangat dipengaruhi oleh alur distribusi pangan yang sasarannya adalah memudahkan masyarakat memperoleh pangan dengan harga terjangkau, dimana alur distribusi pangan tersebut didukung oleh infrastruktur yang memadai sehingga dapat memperlancar pendistribusian pangan dari produsen ke konsumen.

    “Kepada seluruh unsur yang terkait dalam dewan ketahanan pangan kabupaten Jombang  agar berperan aktif mewujudkan ketahanan pangan yang tangguh melalui penciptaan iklim yang kondusif bagi berfungsinya sub sistem ketersediaan, distribusi dan konsumsi pangan secara sinergis, serta mampu meningkatkan pemberdayaan dan kemandirian masyarakat untuk mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan’, pungkasnya.

    Dalam rakor tersebut hadir  Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR,  Guru Besar Ekonomi Pertanian Universitas Brawijaya selaku narasumber.  Calon Rektor UB  yang juga  Pokja Ahli Ketahanan  Pangan Nasional memaparkan paradigma baru pembangunan ketahanan pangan,  termasuk tugas Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten, Tugas Pokja teknis serta memberikan contoh-contoh kegiatan Dewan Ketahanan Pangan juga contoh-contoh dalam Pembangunan Ketahanan Pangan yang ada di Negara Brazil.

    Hadir pada rakor tersebut seluruh jajaran kepala SKPD dilingkup Pemkab Jombang dan pokja teknis.  Hadir pula Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Jombang Ir. Hj.Tjaturina Yuliastuti Wihandoko. Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang sinergi  dengan dengan program-program SKPD termasuk Kantor Ketahanan Pangan.  Antara lain sosialisasi dan gerakan makanan beragam, bergizi, berimbang dan aman. Membantu meningkatkan citra pangan lokal di masyarakat. Termasuk meningkatkan dan mengoptimalkan gerakan pemanfaatan pekarangan, serta program lainnya.

    Dalam rangka memeringati hari jadi Provinsi Jawa Timur ke 68 tahun 2013, Kabupaten Jombang pada 10 Oktober 2013, berhasil meraih Juara II Se Bakorwil Bojonegoro dalam lomba Festival Makanan Khas Daerah. Pokja III dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang menciptakan menu berbahan local yakni makanan khas  Kikil, Sambel Pencet, Sate Komo, Es Lodeh, Sirup Jambu Gondang Manis.”PKK Kabupaten Jombang akan selalu bersinergi dan mendukung program-program SKPD sebagaimana visi misi Jombang Sejahtera Untuk Semua”, tutur Ir. Hj. Tjaturina Yuliastuti Wihandoko MM.  (Wati_Humas Jombang/SJAM)

    Jombang, 7 Nopember 2013
    Radio Suara Jombang

    0 komentar:

    Posting Komentar