Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Jumat, 25 Oktober 2013

    Perkuat Kader Motivator ASI Kabupaten Jombang



    Kader Motivator Asi Jombang Tingkatkan Pengetahuan
    Kabupaten Jombang komitmen  menjadikan Kabupaten ASI. Hal ini seiring dengan  keberhasilan Kelompok Pendukung Air Susu Ibu ( KP-ASI)  desa Banyuarang, Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang menjadi Juara I Tk. Nasional pada 17 Oktober 2013, di Jakarta. 

    Sebagai tindak lanjut dan penguatan terhadap kader motivator ASI,  pemerintah Kabupaten Jombang melalui  Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang menggelar Sarasehan Kader Motivator  ASI. Kegiatan yang melibatkan para kader motivator ASI se Kabupaten Jombang, ormas dari Fatayat, Muslimat dan Aisyiyah, kepala Puskesmas dan dinas terkait  tersebut dilaksanakan di ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang pada Kamis 24 Oktober 2013. Selaku narasumber dari Dinas Kesehatan, Stikes Pemkab Jombang, dan  Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Jombang. Materi  yang disampaikan antara lain ASI Selamatkan Ibu dan Bayi ; Cara Menyusui Yang Benar  serta Pembentukan Kelompok Pendukung Asi yang dimoderatori langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan.

    “Untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran motivasi ASI pada masyarakat perlu untuk  meningkatkan kemampuan  kader motivator ASI dalam upaya peningkatan pemberian ASI di Kabupaten Jombang”, ungkap dr. Heri Wibowo M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang.   

    Target kedepan diharapkan penguatan Kelompok Pendukung ASI ini akan ditingkatkan di 10 desa dan selanjutnya diharapkan dapat berkembang di 302 desa dan 4 kelurahan di Kabupaten Jombang, sehingga terwujud Jombang Kabupaten ASI. 

    Harapan  Kabupaten Jombang Menjadikan Kabupaten ASI, mendapat apresiasi positif dari  Bupati Jombang Drs. Ec. H. Nyono Suharli Wihandoko yang juga sangat mendukung pemberian ASI kepada anak hingga 2 tahun. Sebagaimana saat mengungkapkan pengalaman pribadinya dalam mendukung pemberian ASI kepada istri tercinta Tjaturina Yuliastuti saat kedua putrinya masih bayi. “Saya selalu mendorong dan memotivasi istri saya untuk memberikan ASI hingga 2 tahun, saya tidak rela kalau anak saya di sape sebelum 2 tahun”, tutur Bupati Nyono Suharli.

    Sebagai Ayah Siaga, Ayah ASI, Bupati Nyono Suharli mengajak semua seluruh  elemen masyarakat Kabupaten Jombang untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya ASI. “Mari kita bersama untuk membangun dan menggerakkan masyarakat sadar akan pentingnya ASI untuk mencetak generasi yang sehat dan cerdas, sebagaimana telah diatur dalam agama kita”,tandasnya

    Dorongan dan motivasi juga disampaikan oleh Wakil Bupati Jombang Hj. Munjdidah Wahab. Kepercayaan dan apresiasi dari tingkat nasional ini harus ditindak lanjuti dengan serius dan lebih ditingkatkan dikembangkan disemua desa dengan secara bertahap dengan bantuan dan dukungan para kader motivator juga seluruh masyarakat termasuk keluarga. Kedepan, keberhasilan ini diharapkan mampu memotivasi daerah lain. “Apa yang kita lakukan ini mari kita lakukan secara ikhlas dan diniati dengan ibadah demi anak-anak generasi Indonesia kedepan dan harus sabar, sehingga cita-cita ini akan terwujud”, tutur Hj. Mundjidah Wahab.

    Mari kita memotivasi bersama-sama, mengajak segenap lapisan masyarakat untuk mendukung pemenuhan ASI ekslusif kepada bayi, sampai 2 tahun. Dan bukan hanya ini saja masih banyak program-program lain yang perlu dukungan semua masyarakat Jombang seperti KLA, mewujudkan lansia mandiri dan yang lain, tambah wakil Bupati Jombang.

    Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Ir. Hj Tjaturina Yuliastuti Wihandoko yang akrab disapa  Bu nyono dalam testimoninya mengungkap kenangan saat memberikan ASI kepada kedua putrinya dengan dukungan suami dan keluarganya yang luar biasa. Untuk itu kami juga mohon dukungan dari  kader motivasi ASI untuk tetap semangat mendukung gerakan ASI ini. “Mari kita   mensyukuri anugerah Allah SWT yang telah memberikan ASI kepada para ibu, manfaatnya sangat luar biasa, kenalkan bayi kita dengan ASI sejak satu jam kelahirannya”, tandasnya

    Kedepan selain telah adanya Perbub tentang ASI, pemerintah Kabupaten Jombang akan menindaklanjuti dengan menerbitkan payung hukum yang lebih tinggi yakni perda yang mengatur tentang ASI.

    Sarasehan diselingi dengan kuis-kuis spontan seputar ASI. Yel-yel  Susu Formula No, ASI Yes ! terus menggema diruang Bung Tomo diteriakkan para kader yang mengikuti jalannya sarasehan dengan diskusi komunikatif. 

    Bupati Jombang pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Camat Ngoro,  Sugio ; Kepala Puskesmas  Pulorejo Ngoro, dr. Agustinus; Ketua  Tim Penggerak PKK Kecamatan Ngoro Ibu Sugio  serta  Kelompok pendukung Ibu Menyusui Banyuarang Ngoro yang telah berhasil menjadi juara 1 nasional yang diwakili oleh Ibu Yayuk  Endang Herawati. (Wati_Humas/SJ AM)

    Jombang, 24 Oktober 2013
    Radio Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar