Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Jumat, 11 Oktober 2013

    Bupati Jombang Nyono Suharli Pimpin Langsung Sosialisasi Penyusunan Renstra


    Komunikatif : Suasana sosialisasi penyusunan renstra pemkab Jombang

    Sosialisasi Penyusunan Rancangan Rencana Strategis (Rensra) SKPD sebagai bahan penyusunan rancangan awal menjadi rancangan RPJMD dilingkup pemkab Jombang dipimpin langsung oleh Drs. Ec H. Nyono Suharli  Wihandoko Bupati Jombang.

    Agenda yang digelar di ruang Bung Tomo, kantor pemkab Jombang,  Kamis (10/10)pagi  tersebut dihadiri oleh  wakil Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, Sekda, dan jajaran seluruh kepala SKPD dan Camat.

    Disampaikan oleh Sekdakab Jombang Drs. Hasan, MSi, kegiatan ini sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 54 tahun 2010 tentang pelaksanaan PP nomor 8 tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.

    “Dalam perencanaan pembangunan daerah, Renstra dan Renja merupakan dokumen perencanaan di tingkat SKPD”, tuturnya.

    ”Renstra merupakan dokumen perencanaan periode lima tahun, yang disusun berdasarkan rancangan awal RPJMD. Rancangan awal Renstra ini akan ditetapkan menjadi rancangan akhir setelah disesuaikan dan disempurnakan sesuai dengan perda dan disahkan oleh badan Perencanaan pembangunan daerah dan kepala daerah.Sedangkan Renja adalah dokumen perencanaan tahunan SKPD dengan mekanisme yang sama,” lanjut  Hasan.

    Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka penyusunan Renstra SKPD periode 2014-2018, diharapkan berpedoman pada rancangan awal SKPD.

    “Jika RPJMD telah ditetapkan dalam perda maka seluruh SKPD harus melakukan finalisasi terhadap rancangan awal Renstra menjadi Renstra SKPD. Oleh sebab itu sosialiasi ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada SKPD  guna menyesuaikan rancangan Renstra yang telah ada sesuai dengan ketentuan,”jelas Hasan.

    Drs. Ec. H. Nyono Suharli Wihandoko,  Bupati Jombang terpilih periode 2013 – 2018 bersama pasangannya wakil Bupati Hj. Mundjidah Wahab meminta SKPD untuk menterjemahkan visi dan misi yang telah diusungnya yakni dengan visi “Jombang Sejahtera Untuk Semua” dan 5 point misinya yaitu Meningkatkan Kualitas Kehidupan Sosial dan Beragama; Mewujudkan Layanan Dasar yang Terjangkau;  Meningkatkan Perekonomian Daerah yang Berdaya Saing dan Merata; Meningkatkan Kualitas Infrastruktur dan Lingkungan Hidup serta Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih.

     “Renstra yang baik akan memberi nilai tambah bagi tersusunnya laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (Lakip), yang diawali dengan perencanaan jangka menengah yang diimplementasikan perencanaan jangka pendek”, tutur Nyono suharli

    Ditekankan pula bahwa dalam penyusunan Renstra SKPD harus dapat menjawab permasalahan dan isu-isu strategis sesuai tugas dan fungsi masing-masing SKPD.  Kepada Bappeda,  diminta untuk segera melaksanakan koordinasi teknis bersama seluruh SKPD dalam rangka keterpaduan rancangan awal RPJMD dengan rancangan awal Renstra SKPD.

    Selanjutnya Bappeda akan memfasilitasi pelaksanaan Forum Gabungan SKPD sebelum pelaksanaan Musrenbang RPJMD guna memperoleh masukan dalam optimalisai pencapaian sasaran program dan kegiatan pelayanan SKPD.

    Dalam sosialisasi tersebut, Bupati Nyono Suharli juga menekankan kepada seluruh aparatur untuk menegakkan dan meningkatkan disiplin kerja, dedikasi, loyalitas, dan menjadi aparatur yang profesional dan  tidak tercela.  (Wati_SJAM)

    Jombang, 10 Oktober 2013

    Radio Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar