Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Sabtu, 19 Oktober 2013

    Selamat! KP-ASI Kabupaten Jombang Berhasil Terbaik Nasional



    Membawa Trophy :. Tjaturina Wihandoko Ketua TP-PKK Jombang bersama Kasi Gizi Jombang
    Dalam rangka memperingati Pekan ASI Sedunia (PAS) dengan tema global “ Breastfeeding Support : Close to Mothers” yang di adaptasi dengan tema Nasional “ Dukungan Menyusui Lebih Dekat Dengan Ibu”,  Ketua TP-PKK Kabupaten Jombang, Ir Tjaturina Yuliastuti Wihandoko  menerima penghargaan dari  Kementrian Kesehatan RI  dalam lomba Kelompok Pendukung Ibu Menyusui/ Kelompok Pendukung ASI sebagai Juara I, pada Kamis(17/10) di hotel Ambhara - Jakarta Selatan.

    Keberhasilan ini tentu tidak  diraih dengan tiba-tiba, tentu melalui proses yang cukup panjang.  Untuk lebih meningkatkan efektifitas pencapaian upaya Peningkatan Pemberian Air Susu Ibu (PP-ASI) Pemerintah Kabupaten Jombang telah membuat inovasi /terobosan melalui GEMPITA JOMBANG (Gerakan Masyarakat Peduli Tingkatkan ASI), demi tercapainya peningkatan derajat kesehatan ibu dan bayi. GEMPITA JOMBANG mempunyai konsep yang komprehensip melalui kegiatan yang disiapkan yaitu pemberdayaan dengan  membangkitkan. Ini disampaikan dr. Heri Wibowo M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. 

    Dijelaskan dr. Heri Wibowo, bahwa kegiatan Inovasi Kelompok Pendukung ASI (KP - ASI) merupakan Kegiatan yang efektif  untuk meningkatkan cakupan ASI Eksklusif dan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Kelompok pendukung ASI adalah beberapa orang yang mengalami situasi yang sama atau memiliki tujuan yang sama, yang bertemu secara rutin untuk saling menceritakan kesulitan, keberhasilan, informasi dan ide berkaitan dengan situasi yang dihadapi atau upaya mencapai tujuan yang diinginkan. Pertemuan kelompok pendukung ASI dilaksanakan dalam suasana bersahabat, nyaman, saling mempercayai dan menghargai. Melalui pertemuan pertemuan tersebut, peserta sebuah Kelompok Pendukung dapat saling memberi dan menerima dukungan, baikberupa dukungan teknis, moral maupun emosional untuk sukses mengatasi situasi yang dihadapi atau mencapai tujuan yang diinginkan.

    Kelompok Pendukung ASI (KP ASI) secara khusus diselenggarakan untuk para ibu yang ingin berhasil melaksanakan pemberian air susu ibu (ASI) secara optimal, yang meliputi inisiasi menyusu dini (IMD), ASI Eksklusif 6 bulan, dan meneruskan pemberian ASI hingga 2 tahun atau lebih dengan makanan pendamping yang bergizi.

    Sementara ituKepala Seksi Penanganan Gizi Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Jombang, Nur Kamalia SKM menjelaskan bahwa Kelompok Pendukung ASI merupakan kelompok ibu hamil dan Ibu yang memiliki  bayi usia dibawah dua tahun. Mereka  bertemu secara rutin sebulan sekali termasuk kunjungan rumah untuk saling bertukar pengalaman, berdiskusi dan saling memberi dukungan terkait kesehatan ibu dan anak khususnya seputar kehamilan, menyusui dan gizi, dipandu/difasilitasi oleh motivator.

    "Kelompok pendukung ASI merupakan kerja sama antara Dinas Kesehatan dan PKK mulai dari Kabupaten sampai desa dalam pemberdayaan masyarakat agar mengetahui dan menyadari pentingnya ASI EKsklusif", tutur Nur Kamalia.

    Peserta Kelompok Pendukung ASI diutamakan ibu hamil serta ibu ibu yang memiliki bayi usia 0-6 bulan dan 7- 24 bulan . Walaupun demikian, kelompok ini terbuka untuk orang orang lain yang memiliki minat yang sama. Suami atau anggota keluarga lain dari seorang ibu hamil / menyusui, seorang perempuan yang belum hamil tapi sudah berkeinginan untuk menyusui bayinya suatu saat, atau tenaga kesehatan yang ingin belajar dari dan berbagi informasi dengan para ibu hamil/ menyusui dapat dilibatkan dalam pertemuan Kelompok Pendukung ASI.

    Diskusi di dalam pertemuan Kelompok Pendukung ASI diutamakan pada isu seputar ASI dan menyusui. Walaupun demikian, bila diskusi berkembang dengan baik tidak tertutup kemungkinan untuk mencakup isu isu lain yang berhubungan dengan situasi peserta Kelompok Pendukung ASI, misalnya perawatan ibu pada masa kehamilan, proses persalinan dan pemulihan pasca persalinan, pemberian makanan tambahan pada anak dan lain lain.

    "Secara umum terdapat 10 topik umum diskusi kelompok ibu, yaitu:1. Masa kehamilan yang menyenangkan; 2. Inisiasi menyusu dini; 3. ASI eksklusif 6 bulan; 4. Payudara dan produksi ASI;5. Menyusui yang nyaman untuk ibu dan bayi; 6. Menyusui dan gizi ibu; 7. ASI ibu cukup tidak, ya? 8. “Menangis”.....tak selalu berarti lapar 9. “Kasih Asi”.......... dimana saja. Kapan Saja? 10. Setelah bayi berusia 6 bulan berikan makanan Pendamping ASI," ungkap Nur Kamalia

    Adanya Kelompok Pendukung ASI menganjurkan bagi ibu yang baru melahirkan untuk bergabung dengan kelompok ini ketika sudah keluar dari rumah sakit atau klinik. Kelompok ini akan menjadi jembatan pada ibu untuk mendapatkan pengetahuan dan ilmu serta proses pembelajaran secara aktif tentang pemberian ASI secara tepat dan benar. Perubahan baik secara fisik dan emosional bagi seorang ibu memerlukan banyak empati dari orang dan lingkungan yang tepat atau kelompok ini sangat berpengaruh pada keberhasilan pemberian ASI Ekslusif.

    Tentusaja tanpa membedakan latar belakang seorang Ibu, kelompok ini diharapkan dapat memfasilitasi kebutuhan mereka untuk mendukung keberhasilan pemberian ASI Ekslusif. Dan sebagai tempat berkumpul para ibu agar percaya diri, saling menghargai dan mendukung satu sama lain agar sukses menyusui.

    Dari kegiatan inilah, Kelompok Pendukung ( KP) -ASI yang berada di desa Banyuarang Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang pada tgl 17 Oktober 2013, membawa Kabupaten Jombang mewakili Provinsi Jawa Timur menjadi Juara I Tk. Nasional.


    Kabupaten Jombang, mewakili  propinsi Jawa Timur telah berhasil menyisihkan Nominator yang lain yaitu  Propinsi Nusa Tenggara Barat, Propinsi DI. Yogyakarta, Propinsi Sumatra Barat, dan Propinsi Sulawesi Selatan.

    Apresiasi ini  diraih setelah dilakukan penilaian yang ketat oleh lembaga independen yang ditunjuk oleh kementrian kesehatan didesa Banyuarang Kecamatan Ngoro. Berdasarkan penilaian tersebut,KP-ASI desa Banyuarang pantas mendapatkan juara I Nasional karena semangat  yang luar biasa  tanpa pamrih dari seluruh pihak yang terlibat.

    “Alhamdulillah ini sungguh prestasi dan penghargaan kolektif yang diterima Kabupaten Jombang dalam rangka menggerakkan dan membangkitkan kesadaran para Ibu akan pentingnya ASI bagi generasi emas kita, generasi emas yang berkualitas. Atas prestas ini  Saya ucapkan terima kasih kepada  ibu-ibu KP-ASI, Kader kesehatan , Pemerintahan Desa Banyuarang, Puskesmas Pulorejo Kecamatan Ngoro dengan Tim Penggerak PKKnya, serta Dinas Kesehatan, Tim Penggerak PKK Kabupaten  juga  Pemerintah Kabupaten Jombang. Sehingga buah dari keseriusan dan kerja keras ini mendapatkan apresiasi di tingkat nasional “, tutur Hj. Tjaturina Wihandoko

    Atas keberhasilan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang ini berharap prestasi yang telah diraih tidak membuat terlena,  tapi justru  penghargaan ini skan semakin  memotivasi, menyebarluaskan   dan membangkitkan gerakan-gerakan program Gempita didesa-desa yang lain di kabupaten Jombang.  Sehingga kedepan seluruh stake holders  turut  mempertahankan,meningkatkan dan menyebarluaskan Program Gempita, sehingga anak-anak kita mendapatkan Gizi yang berkualitas melalui ASI Eksklusif dan pada akhirnya dapat mencapai kehidupan yang sehat, Jombang yang sejahtera. (Wati_Humas Setda/ Radio Suara Jombang AM)

    Jombang, 18 Oktober 2013
    Radio Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar