Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Kamis, 03 Oktober 2013

    Forum Silaturahim Eksekutif Legislatif Kabupaten Jombang



    Forum silaturahim  antara  eksekutif dan legislatif di Kabupaten Jombang diharapkan  oleh Drs. Ec H. Nyono Suharli Wihandoko  Bupati Jombang dan Wakil Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dapat terus di lakukan secara rutin.  Keinginan tersebut disampaikan oleh Bupati Nyono Suharli saat bertemu dengan seluruh pimpinan DPRD dan anggota DPRD Kabupaten Jombang dan kepala SKPD dilingkup pemkab Jombang di ruang Bung Tomo kantor pemkab Jombang (30/9) malam.

    Pertemuan eksekutif legislative  tersebut merupakan ajang silaturahim sekaligus untuk mengenal lebih dekat pejabat bupati, wakil bupati  yang baru dilantik beberapa waktu yang lalu. Bupati Jombang, Nyono Suharli yang juga mantan wakil ketua DPRD  Jombang menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPRD Jombang yang telah menggelar rapat paripurna istimewa pelantikan Bupati Wakil Bupati Jombang periode 2013 -2018 dengan tepat waktu. “Semoga ketepatan waktu ini, menjadi momentum positif untuk terus tepat waktu pada rapat-rapat paripurna selanjutnya, karena dengan tepat waktu, kita akan dapat bekerja dengan cepat dan tepat pula”, tuturnya. 

    Bupati Nyono Suharli juga mengharapkan kemitraan yang sinergis antara pihak legislatif dan eksekutif yang dipimpinnya. Dengan kondisi yang sinergis dan kondusif harapannya mampu mewujudkan cita-cita pembangunan Jombang sesuai visi misi Jombang Sejahterah Untuk Semua. 
    “ Kami hanya ingin berbakti kepada masyarakat”, tuturnya 

    Meski sebagai mitra, lanjut  Bupati Nyono Suhari eksekutif legislative mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda. Eksekutif bertugas menjalankan roda pembangunan, sedangkan legislatif mempunyai fungsi menentukan kebijakan anggaran serta melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pemerintahan. Selain itu, legislatif juga menampung dan menyalurkan aspirasi dari masyarakat.

    Dengan demikian, kedua lembaga ini  harus berjalan beriringan dalam melaksanakan pembangunan. Bila kalangan legislatif mengetahui adanya kelemahan, kekurangan, apalagi penyimpangan yang dilakukan oleh eksekutif dalam menjalankan tugasnya, maka mereka berkewajiban mengingatkan.
    Hal itu dilakukan agar kelemahan dan kekurangan bisa dibenahi di tengah jalan dan pada gilirannya, semua proses pembangunan berjalan lurus sesuai dengan amanat rakyat.

    Hj. Mundjidah Wahab yang juga mendapat kesempatan untuk menyampaikan sambutannya, mengajak   kepada jajaran anggota dewan untuk dapat mengenal lebih dekat dengan saling memperkenalkan diri satu persatu. “Tolong saya di sapa lebih dulu,  kalau  saya mungkin lupa karena belum mengenal satu persatu,”pintanya. 

    Manfaat dari forum informal itu di antaranya ketika terjadi perbedaan pendapat, bisa segera diklarifikasi. Setidaknya, juga dapat mengeliminasi terjadinya kesalahpahaman karena pertemuan dalam forum tersebut bisa digunakan untuk klarifikasi sehingga semua ketegangan bisa cair.

    Dengan adanya pertemuan seperti ini, tentu  transparansi antara eksekutif legislative  dapat ditingkatkan, mari kita sama sama bekerja  dengan baik, karena sebagai pelayan masyarakat kita harus  memperlakukan masyarakat dengan adil dan proporsional. “Kita ingin mewujudkan  rakyat sejahtera, legislativenya sejahtera, masyarakat Jombang sejahtera semuanya”, tutur Hj. Mundjidah Wahab yang juga telah 20 tahun menjadi legislative.

    Mengawali sambutannya Ketua DPRD Jombang,  Bahana Bela Binanda memperkenalkan satu persatu jajaran fraksi di DPRD. “Saya  sangat menyambut baik dengan adanya forum seperti  ini, namun yang perlu di pahami mari kita bekerja bersama  sesuai dengan tugas pokok fungsi yang digariskan dengan memperhatikan aspek filosofis, yuridis dan sosiologis ”, tutur Bahana Bela Binanda dengan menjelaskan satu persatu aspek yang di ucapkan.

     “Eksekutif dan legislatif sama-sama berperan mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayananan, pemberdayaan, dan menghimpun dan menggerakkan peran atau partisipasi masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah, apalagi Jombang memiliki potensi Sumber Daya Alam juga Sumber Daya Manusia yang luar biasa,” tuturnya

    Dari kegiatan ini diharapkan informasi yang dibutuhkan kedua belah pihak dapat berjalan dengan lancar. “Pada pemerintahan sebelumnya, telah menghasilkan capaian kinerja yang baik, namun untuk pemerintahan ke depan harus lebih baik dan ditingkatkan, karena kita masih punya banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan”, pungkas  pimpinan dewan dari Partai  Demokrasi  Indonesia Perjuangan ini. Usai acara dilanjutkan dengan beramah tamah saling berjabat tangan. (Wati_SJAM/ Radio Suara Jombang AM )


    0 komentar:

    Posting Komentar