Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Jumat, 06 Januari 2012

    Jombang Minta Dilewati KA Komuter

    Pemkab Jombang meminta kepada Dirjen Perhubungan Darat agar operasional KA (Kereta Api) Komuter juga melewati wilayah Jombang. Pasalnya, jalur KA Komuter yang ada saat ini hanya mencakup Surabaya - Mojokerto. Padahal, Jombang sebagai daerah penyangga Surabaya juga memerlukan pengembangan transportasi darat tersebut.

    "Kita sudah mengajukan permohonan ke Dirjen Perhubungan Darat, Dirut PT KAI (Kereta Api Indonesia). Intinya, kami meminta agar wilayah Jombang juga dilewati jalur KA Komuter. Hal itu tidak lepas wilayah Jombang yang notabene daerah penyangga Surabaya," kata Bupati Jombang Suyanto, Jumat (6/1/2012).

    Dia mengungkapkan, selama ini angkutan umum untuk menunjuang kegiatan masyarakat Jombang dengan kota Surabaya menggunakan bus dan KA. Transportasi dengan layanan KA dilakukan dengan beberapa kereta api cepat dari arah Kertosono maupun KA ekonomi jarak dekat semisal KRD dan Rapih Dhoho.

    Sedangkan untuk angkutan bus antar kota hanya dilayani satu terminal bus utama dan beberapa titik pemberangkatan. Praktis, pada saat hari-hari tertenti seperti liburan, selalu terjadi penumpukan arus baik di stasiun maupun di terminal. "Dengan kata lain, sarana transportasi yang ada tidak memadai," ujarnya.

    Nah, menurut bupati, untuk meminimalisir membludaknya penumpang tersebut dibutuhkan tambahan layanan angkutan kereta api untuk jarak dekat atau KA Komuter. Pilihan kereta api karena jasa angkutan tersebut dianggap sebagai sarana transportasi yang murah, aman, serta nyaman. "Bukan hanya itu, kereta api juga dapat mengangkut banyak bawaan penumpang," katanya menambahkan.

    Suyanto merinci, sebagai daerah perlintasan, Jombang sudah memiliki satu stasiun besar dan empat stasiun kecil. Selama ini lima stasiun tersebut selalu dilewati kereta api lintas selatan dengan rute Surabaya - Jakarta, Surabaya - Blitar, Surabaya - Bandung, dan Surabaya - Purwokerto. "Kami sudah melakukan survey terhadap para penumpang kereta api. Hasilnya, mereka setuju jika KA Komuter bisa melewati Jombang. Untuk itu kami sudah mengajukan permasalahan tersebut ke Dirjen Perhubungan Darat," pungkas bupati dua periode ini.(Wati_SJAM)

    Jombang, 6 Januari 2012
    LPPL Radio Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar