Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Rabu, 24 Oktober 2012

    Wabup Widjono Resmikan UPTD Pertanian Terpadu


    Guna memaksimalkan kinerja penyuluh pertanian di Kabupaten Jombang yang notabene memiliki kultur pertanian yang kuat, pemerintah daerah meresmikan UPTD (Unit Pelaksana Tekni Daerah) Pertanian Terpadu yang terletak bersebelahan dengan kantor Kecamatan Tembelang pada Selasa (22/10/2012) siang.

    Dalam peresmian tersebut, Wakil Bupati Jombang turut hadir didampingi beberapa kepala dinas. “Tahun 2030 peningkatan ekonomi Indonesia akan luar biasa, sekarang ini Indonesia terasuk 3 pertumbuhan kekuatan ekonomi Asia Pasifik,” tegas Wabup. Untuk itu, lanjutnya, dengan peningkatan dan perbaikan di bidang agribisnis, Jombang akan ikut mengalami perkembangan pesat.

    Terkait dengan tren krisis ekonomi di negara-negara adidaya seperti Amerika, Wabup menilai hal itu kontras dengan apa yag terjadi di Indonesia. “Pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan dimana pertanian juga menyumbangkan angka yang cukup besar, Indonesia menjadi negara yang patut diperhitungkan,” tambah Wabup.

    Widjono mengungkapkan, surplus pertanian utamanya di bidang pangan yakni perberasan cukup besar. Pemerintah daerah masih memprioritaskan sector pertanian sebagai perhatian utama.  Kota santri sudah dikenal memiiki keunggulan dalam bidang pangan. Setiap tahun surplus beras di Jombang hingga mencapai 120 ribu ton. “Sektor pertanian memang selalu menjadi focus utama perhatian pemerintah daerah,” ujar Wabup.

    Persoalan pertanian memang tak bisa lepas dari seorang penyuluh. Oleh karena itu para penyuluh yang setiap hari mendampingi para petani tidak boleh ketinggalan di bidang IT atau teknologi. “Penyuluh pertanian juga harus menguasai teknologi agar metode yang digunakan dalam peningkatan produksi pertanian bisa selalu update,” tegas Widjono. (Dedi_SJAM)

    Jombang, 23 Oktober 2012
    Radio Suara Jombang AM 792 Khz

    0 komentar:

    Posting Komentar