Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Kamis, 04 Oktober 2012

    Kabupaten Jombang Tuan Rumah Jambore UKS Jawa Timur



    Pasca keberhasilan  MAN Jombang menjadi juara Harapan 1 Tingkat Nasional pada  Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional tahun 2012, kini Kabupaten Jombang dipercaya menjadi tuan rumah  pelaksanaan Jambore UKS Tingkat Provinsi Jawa Timur.  Kegiatan yang dibuka oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo ini,  dimulai  tanggal 5 Oktober  s/d 7 Oktober 2012  dan dipusatkan  di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Jombang, Jl. Wahidin Sudirohusodo No.2 Jombang.

    Menurut keterangan Kepala Bagian Humas Setdakab Jombang Tri Endah Sektiwati, kegiatan skala regional Jatim ini dalam rangka meningkatkan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Jawa Timur. Adapun tema Jambore UKS 2012 adalah “Sehat Dimulai Dari Saya”. Dengan tiga sub tema  yaitu  Melalui Jambore UKS, Akan Terwujud Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Sekolah dan Madrasah Sehat Menentukan Kualitas Bangsa Kedepan.  UKS adalah Investasi Yang Sudah Terbukti.

    Keberlanjutan dari kegiatan ini selanjutnya  secara rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Tim Pembina UKS Provinsi Jawa Timur sebagai ajang evaluasi pembinaan kegiatan UKS dimasing-masing Kabupaten/Kota se Jawa Timur dan nantinya diharapkan terwujud budaya hidup sehat disemua sekolah di Jawa Timur.

    Secara umum Jambore UKS Jatim  bertujuan untuk memasyarakatkan program sekolah sehat melalui upaya peningkatan kepedulian peserta didik, guru, tenaga kependidikan dan  Tim Pembina UKS dalam pembinaan dan pengembangan UKS disekolah. Dan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya pelaksanaan UKS di sekolah. Meningkatkan kualitas Kader Tiwisada dan Kader Kesehatan Remaja (KRR) khususnya dalam pelaksanaan TRIAS UKS pada setiap jenjang dan jenis pendidikan. Selain itu juga untuk bertukar informasi dan pengalaman dalam pembinan dan pengembangan UKS didaerah masing-masing.

    “Tidak kurang sekitar  400 lebih kader terbaik yang menjadi wakil  dari 38 Kabupaten /Kota di Jawa Timur akan memeriahkan Jambore UKS di Kabupaten Jombang. Mereka terdiri dari Kader UKS Tiwisada (SD/MI), kader KRR untuk SMP. MTs, SMA/SMK/MA, Tim Pelaksana UKS, Tim Pembina UKS Kabupaten/Kota se Jawa Timur.  Selain itu kegiatan ini juga dihadiri dan disaksikan  tamu peninjau dari Tim Pembina UKS Provinsi dari 7 daerah yaitu Kepulauan Riau (Kepri), Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Lampung, Kalimantan Timur, Maluku, DI. Yogyakarta”, tutur Tri Endah Sektiwati.

    Mereka para peserta lomba Jambore UKS akan mengikuti berbagai macam kegiatan antara lain Lomba Kader Tiwisada, Lomba Kader Kesehatan Remaja (KRR) tingkat SMP/MTs/SMA/SMK/MA.  Lomba Desain Poster UKS dengan tema mengacu 8 Gol UKS yakni generasi muda terbebas dari rokok;kenakalan remaja; kehamilan pra nikah;HIV/AIDS;narkoba;cacingan;anemia;hepatitis B. Lomba Cipta dan Baca Puisi.Lomba Cerdas Cermat Tim Pembina UKS. Lomba Karya Tulis UKS bagi Kader dan Guru/Tim Pembina UKS.

    “Sebagai tuan rumah kami berharap kegiatan skala Jawa Timur ini dapat berjalan dengan baik, lancar  dan sukses sesuai dengan harapan bersama yakni antara pemerintah Provinsi Jawa Timur, pemerintah Kabupaten Jombang serta Mitra kerja terkait”, tuturnya.

    Ditambahkan oleh Tri Endah Sektiwati bahwa Jambore UKS Provinsi Jawa Timur 2012 juga di meriahkan dengan kegiatan pameran dari Tim Pembina UKS Kabupaten Jombang, PKK Kecamatan se Kabupaten Jombang, sekolah negeri/swasta, dunia usaha dan instansi terkait dengan UKS. Selain itu juga diisi dengan kegiatan workshop/seminar dengan tema “Gizi Menunjang Prestasi Belajar Siswa”.  Pada 7 Oktober 2012 pagi seluruh peserta Jambore UKS juga akan turut memeriahkan jalan sehat dalam rangka Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke 67  yang juga dirangkai dengan kegiatan  cuci tangan massal  yang diikuti para  pelajar di Alon ALon kabupaten Jombang.(Wati_SJAM)

    Jombang, 4 Oktober 2012
    Radio Suara Jombang AM 792 Khz

    0 komentar:

    Posting Komentar