Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Selasa, 09 Oktober 2012

    Gembleng Perangkat Desa Melalui POPDES



    Hidupkan! Jiwa Pamong Praja. Matikan! Jiwa Pangreh Praja. Demikian slogan yang terpampang pada upacara pembukaan Pembekalan Dan Orientasi Perangkat Desa 2012 dilapangan SMA Negeri 3  Jombang.  

    Upacara pembukaan pada(8/10/2012)pagi itu dipimpin langsung oleh  oleh Bupati Jombang selaku inspektur upacara. Tampak hadir lengkap mulai dari  wakil Bupati, Forpimda, Ketua DPRD,  sekda dan kepala SKPD dilingkup pemkab Jombang.

    Pembekalan dan Orientasi Perangkat Desa  dengan tujuan untuk mewujudkan performa perangkat desa yang professional ini diikuti  oleh 120 orang perangkat desa yang terdiri dari 54 orang staff desa dan 60 dusun. Mereka  berasal  dari 4 kecamatan  di kabupaten Jombang yakni Diwek, Ngoro, Peterongan dan Kudu.

    Dilaporkan oleh Drs. Purwanto  MKP, Plt. Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Jombang bahwa maksud kegiatan tersebut selain untuk menumbuhkan sikap kedisiplinan, dedikasi, loyalitas dan tanggung jawab aparatur pemerintahan desa (pemdes),  juga untuk memberikan wawasan kepada perangkat desa untuk meningkatkan keahlian, kemampuan dan kapasitasnya dalam menjalankan tugas pokok fungsinya.

    Bupati Suyanto dalam amanatnya menyampaikan pentingnya pembinaan dan pengembangan SDM aparatur khususnya perangkat desa.  Menurut Suyanto  atas keterbukaan informasi dan kemajuan teknologi yang berkembang cepat, tanggung jawab perangkat desa tidaklah semakin ringan. Akan tetapi  dituntut semakin tinggi standarisasinya. Oleh karenanya aparatur pemdes dituntut untuk meningkatkan kapasitasnya, meningkatkan kompetensinya, professional dalam menjalankan kinerjanya.

    “Dengan pembekalan dan orientasi ini saya berharap perangkat desa mampu menjadi motor penggerak dan dapat menjadi agen-agen  perbaikan konsolidasi pemerintahan desa, sehingga masyarakat akan tetap terfasilitasi dengan baik dan menerima kepuasan pelayanan dari pemdes  yang menjadi ujung tombak pelayanan masyarakat desa”, tandasnya.

    Bupati dua periode ini juga menekankan pentingnya perangkat desa untuk memperkuat kebersamaan, kepedulian, kegotongroyongan  dikalangan peserta. Sehingga akan lahir komunikasi yang baik, yang akan menjadi modal social. 

    Kegiatan Pembekalan Dan Orientasi Perangkat Desa (POPDES) dilaksanakan selama 9 (Sembilan ) hari mulai tanggal 7 Oktober sampai 15  Oktober 2012 dengan materi kegiatan olah fisik dan mental 70%, olah pikir 30%. Peserta akan mendapat materi pengajaran dan motivator dari Pimpinan pemerintah Kabupaten Jombang dalam hal ini adalah Bupati, Wakil Bupati dan sekda. Selain itu juga  materi problem solving dan outbond. Para pengasuh dan pelatih melibatkan Kodim 0814, Polres Jombang, Satradar 222 Kabuh, dan Purna Praja STPDN. (Wati_SJAM)

    Jombang, 8 Oktober 2012
    Radio Suara Jombang AM 792 KHz

    0 komentar:

    Posting Komentar