Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Jumat, 01 Juli 2011

    Widjono : Membayar Pajak Butuh Keteladanan


    Wakil Bupati Jombang Drs.H Widjono Soeparno, Msi menekankan pentingnya kesadaran untuk membayar pajak. Pernyataan mantan sekdakab Jombang ini disampaikan saat membuka secara resmi Bulan Panutan Pelunasan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan. “Masyarakat harus meningkatkan kesadaran dalam membayar pajak,” tutur Widjono di Kantor Kecamatan Gudo, Kamis (30/6/11) pagi.

    Pajak Bumi dan Bangunan merupakan salah satu sumber PAD atau Pendapatan Asli Daerah dan turut menyumbangkan sekitar 11,5 Milyar per tahun. Nilai tersebut merupakan akumulasidari PBB Perdesaan dan Perkotaan. “PAD Jombang saat ini sudah mencapai 105 Milyar dan PBB menyumbang sekitar 10 persennya,” tambah Wabup.

    Jika ditilik lebih jauh, pajak bumi dan bangunan masih belum mampu menandingi DAU (Dana Alokasi Umum) dan DAK (Dana Alokasi Khusus) yang dihasilkan oleh kota santri. Meski begitu, Widjono tetap menekankan betapa pentingnya PBB dalam turut membantu pembangunan daerah. “Ini kewajiban kita semua dan butuh keteladanan, saya harap setiap PNS mampu memberikan contoh keteladanan membayar pajak,” tegasnya.

    Saat ini, administrasi pelunasan PBB masih ditangangi oleh beberapa rekanan yakni Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mojokerto dan Bank Jatim Cabang Jombang. Namun kedepan, pemerintah daerah dapat mengambil alih. Paling cepat sekitar tahun 2014, pemerintah daerah dapat melakukan pengakomodasian terkait pelunasan PBB. Hal itu dibenarkan oleh Widjono.

    “Tahun 2014, pemerintah daerah dapat melakukan proses pendataan, penetapan, penagihan sampai pelunasan PBB secara mandiri. Semoga kita mampu, mengingat proses tersebut tidak gampang,” terangnya.

    Pola pelunasan pajak daerah secara langsung kepada pemda ini telah dilakukan oleh beberapa kota di Indonesia. Di Jawa Timur, kota Surabaya telah menerapkan hal itu. Dengan begitu, diharapkan masyarakat dapat benar-benar menyadari tentang arti penting membayar pajak. (Dedi_Tim Liputan SJAM)

    0 komentar:

    Posting Komentar