Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Selasa, 12 Juli 2011

    Sekda Munif Menutup PIRN Ke X


    Pada Jumat, 8 Juli 2011, malam Pekan Ilmiah Remaja Nasional X secara resmi ditutup oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, H. Munif Kusnan, S.H., M.Si. Tampak pejabat-pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang yang hadir, antara lain Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Drs. Muntholip, M.Si dan beberapa pejabat terkait lainnya. Dari LIPI Pusat diwakili oleh Dr. Subyakto selaku pembimbing bidang IPT sekaligus peneliti di lingkungan LIPI.

    Kegiatan PIRN X yang dilaksanakan selama sepekan itu berhasil terpilih kelompok penyaji terbaik dari masing-masing bidang ilmu. Kelompok bidang IPS “Penelitian Pengaruh Pengsinergian Sistem Fulldayschool dengan kurikulum Pesantren Darul Ulum di Jombang”. Bidang IPA “Pengaruh Batang Bawah Terhadap Sistem Okulasi Terhadap Pertumbuhan Produksi Tanaman Kopi di Wonosalam”. Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) "Inovasi Pembuatan Basical Power Sebagai Alat Untuk Penangkap Sinyal Wifi Yang Efektif dan Efisien di SMAN 3" Jombang”.
    Untuk penyaji terbaik dari pembina IPS adalah penelitian dengan judul “Motivasi Penduduk Desa Kudu Terhadap Pesinden” dan pembina IPA “Pengaruh Jarak Tanam Terhadap pertumbuhan Tanaman Cengkeh di Panglungan”.

    Dr. Subyakto pembimbing bidang IPT sekaligus peneliti di lingkungan LIPI mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jombang beserta segenap warga yang turut mensukseskan pelaksanaan PIRN X ini. Tak lupa, Dr. Subyakto juga mengajak segenap peserta juga siswa-siswi generasi muda untuk senantiasa meningkatkan minat meneliti dan membangun jiwa dan kesadaran penelitian. "Penelitian sangat diperlukan untuk menggali kedalaman ilmu, mengasah ketajaman berpikir, dan sekaligus dapat memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia", tuturnya. Atas nama LIPI, Subyakto juga menandaskan, LIPI senantiasa membuka diri untuk bekerja sama dengan semua kalangan, semua pihak, untuk memfasilitasi kegiatan penelitian, pelatihan, maupun berbagai kegiatan ilmiah lainnya.

    Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, H. Munif Kusnan, S.H., M.Si menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Kabupaten Jombang untuk menyelenggarakan kegiatan PIRN X. Mewakili segenap panitia dan atas nama segenap warga Jombang, Munif Kusnan juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan yang mungkin ditemui selama pelaksanaan PIRN X di Jombang. Sekda Munif berharap semoga pelaksanaan PIRN berikutnya dapat semakin baik dan dapat tetap terselenggara secara kontinu di masa mendatang.

    Meski secara resmi PIRN X telah ditutup, pada Sabtu, 9 Juli 2011, peserta masih dijadwalkan untuk melaksanakan kegiatan field trip dengan mengunjungi lokasi kerajinan manik-manik di Desa Plumbon Gambang, Gudo dan berziarah ke makam mantan Presiden RI ke-4 yang juga ulama kharismatik, KH. Abdurrahman Wahid ( Gus Dur ) di kompleks Ponpes Tebuireng Jombang. Acara ini sifatnya tidak mengikat, dan disarankan untuk diikuti bagi peserta yang sampai dengan Sabtu, 9 Juli 2011 masih belum meninggalkan Kabupaten Jombang. “Pihak panitia masih tetap memfasilitasi peserta yang masih menunggu jadwal pesawat maupun transportasi lain dengan tetap memberikan layanan sebagaimana pelaksanaan PIRN dan ditempatkan di lokasi PIRN X”, tuturnya.

    Penutupan PIRN X ini dikemas dalam acara "Malam Keakraban Peserta PIRN"yang diisi oleh penampilan perwakilan semua kontingen yang hadir di arena PIRN X. Peserta dari Kontingen Papua memperoleh ekspektasi yang luar biasa dari segenap hadirin, mulai aparat keamanan dari pihak kepolisian, siswa, tim sukarelawan, sampai pihak pembimbing. Anggota Kontingen Papua sampai kewalahan menerima ajakan berfoto, berkenalan, maupun wawancara singkat.

    Pihak tuan rumah, diwakili Teater SMA Negeri 3 Jombang menampilkan lakon "Lurah". Dari ujung barat republik tercinta, Kontingen dari Propinsin NAD menampilkan Tari Saman khas NAD. Disamping itu, masih banyak lagi penampilan dari berbagai daerah di Indonesia.

    Pelaksanaan PIRN berikutnya direncanakan akan dilaksanakan di Boyolali atau di Bontang. Pihak LIPI masih akan meneliti dan menjajaki kesiapan kedua daerah ini untuk pelaksanaan PIRN mendatang. (Wati_SJAM)


    Jombang, 9 Juli 2011
    Tim Liputan Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar