Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Senin, 04 Juli 2011

    PIRN Ke 10 Meneliti 9 Objek Di Jombang

    Sembilan titik yang menjadi sasaran penilitian peserta Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) di Kabupaten Jombang diantaranya adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipta Karya di Desa Banjardowo, Pondok Pesantren Darul Ulum (PPDU) di Desa Rejoso, Kawasan Desa Katemas dan Sendang Made di Desa Ngusikan, Perkebunan Panglungan, Objek Pertanian di Desa Megaluh, Pusat Pelatihan Pertanian Sadar Tani (P4S) di Desa Bareng, Kerajinan Cor Kuningan di Desa Mojotrisno, Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas.

    Tujuan dari penelitian itu, kata Wakil Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Dr. Endang Sukara adalah peserta dapat memahami dan menerapkan metode penelitian yang akan diajarkan oleh para instruktur.

    "Hasil akhir dari PIRN, mereka akan mempresentasikan hasil dari penelitian di sembilan titik tersebut, kepada kepala daerah untuk selanjutnya ditindaklanjuti. Sehingga dapat dijadikan sebagai aset daerah," kata Endang

    Dia menjelaskan, dipilihnya sembilan titik tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, sebelum digelar PIRN ini pihak LIPI telah melakukan riset kecil di beberapa tempat di Jombang. Hasilnya, lanjut Endang, didapat sembilan titik yang dianggap layak untuk diteliti karena berpotensi.

    Endang mengambil PPDU sebagai contoh. Pondok pesantren ini dianggap sebagai representasi pondok pesantren yang ada di Kabupaten Jombang. Di pesantren ini, para peserta akan meneliti dari segi kultur sosial masyarakat pondok pesantren.

    "Jombang juga merupakan perpaduan budaya antara Mataram dan Majapahit. Tentunya perpaduan itu menjadikan masyarakat Jombang yang egaliter dan terbuka. Di situlah yang menarik untuk diteliti," ujarnya.

    Agenda tahunan LIPI kerjabareng dengan pemkab Jombang ini dihelat dari 3-9 Juli 2011 di SMA Negeri 3 Jombang. Peserta yang hadir sebanyak 538 pelajar tingkat SMA dan SMP juga guru pembimbing dari seluruh Indonesia. (Wati_SJAM)

    Jombang, 4 Juli 2011
    Tim Liputan Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar