Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Sabtu, 02 Juli 2011

    Jombang Tuan Rumah Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional Ke-10

    Kegiatan skala nasional yang bertajuk Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) akan dihelat di Kabupaten Jombang. PIRN merupakan suatu bentuk kegiatan ilmiah di lapangan terbuka yang berorientasi pada penelitian. Antara lain mencakup bidang ilmu pengetahuan sosial, ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan teknik (teknik rekayasa).
    Kegiatan ini hasil kerjasama antara pemerintah daerah, instansi lokal, media massa, maupun pihak-pihak yang memiliki kepedulian dan tujuan untuk mengembangkan budaya penelitian bagi remaja. Khususnya jenjang SMP dan SMA. Peserta PIRN X berasal dari seluruh Indonesia yang berjumlah 550 siswa, usia 12 sampai dengan 19 tahun ditambah beberapa guru pendamping dari masing-masing daerah.
    Kegiatan PIRN ke 10 ini rencananya akan dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifulloh Yusuf (Gus Ipul) pada Senin, 4 Juli 2011 bertempat di pendopo Kabupaten Jombang. Dan kegiatan akan dipusatkan di kompleks sekolah SMA Negeri III Jombang sebagai base camp. Beberapa alternatif tujuan penelitian antara lain TPA, penggalian pasir DAS Brantas, hutan lindung Wonosalam, komunitas sinden di Dusun Glugu Desa Katemas, kerajinan manik-manik di Plumbon Gambang, Ponpes Rejoso dan beberapa lain yang dipandang cocok untuk penelitian.
    Harapan dari adanya PIRN ini adalah untuk menggali potensi putra daerah di bidang iptek sebagai human investment untuk mengisi pembangunan daerah di masa mendatang dan memperkenalkan sedini mungkin kepada para pelajar SMP dan SMA mengenai penelitian, yang sifatnya tidak kompetisi tetapi pengenalan awal sehingga para pelajar Indonesia bisa berfikir ilmiah di segala bidang dan mewujudkan sumber daya manusia yang handal, dengan pola pikir yang kreatif, metodologis dan terarah.
    Bagi Kabupaten Jombang, menjadi tuan rumah kegiatan ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri.Sebab melalui kegiatan yang bersifat nasional dan pesertanya dari seluruh Indonesia ini, menjadi sebuah kesempatan bagi Jombang untuk mempromosikan potensi daerah. Antara lain hasil budidaya, kerajinan, kesenian dan budaya asli Kabupaten Jombang dalam bentuk pameran ataupun pertunjukan seni. (aries/wati _SJAM)

    Jombang, 1 Juli 2011
    LPPL Radio Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar