Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Selasa, 22 November 2011

    Cegah DBD dengan Sismantik

    Untuk mencegah berkembangnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Dinkes Jombang melibatkan murid SD menjadi kader pemantau jentik (mantik). Pencanangan Sismantik .dan Kader CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) digelar pada Sabtu (19/11/2011). Acara yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-47 tahun 2011 ini dipusatkan di SDN Mojongapit I Jombang.

    Para siswa yang dikader masing masing akan diberi kartu jentik yang harus diisi setelah melakukan pemantauan jentik nyamuk yang ada di rumahnya. Setelah mengamati dan menghitung jentik nyamuk di masing masing rumahnya, laporannya dilakukan secara tertulis melalui kartu yang sudah dibagikan. Selanjutnya pada hari senin kartu tersebut diserahkan kepada guru kelasnya untuk dibahas lebih lanjut. Pemantauan ini dilakukan secara kontinyu.

    Keterlibatan para kader mantik dari murid murid SD ini kedepan dinilai cukup efektif untuk menghentikan proses terjadinya jentik menjadi nyamuk dewasa. Karena keberadaan jentik tersebut cepat diketahui, begitu juga jika ada tanda keberadaan nyamuk DBD bisa langsung ditangani. "Semoga langkah ini bisa menjadi langkah preventif yang bermanfaat besar untuk mengurangi penyebaran DBD," terang Kepala Dinas Kesehatan Dr.Suparyanto,M.Kes.

    Seperti diketahui, musim penghujan telah masuk wilayah Jombang sejak 2 minggu lalu. Ini artinya kesiagaan masyarakat terhadap hal-hal yang berhubungan dengan genangan air wajib ditingkatkan. Sebelumnya pada bulan Juni lalu, warga Dusun Losari Rowo Desa Losari Kecamatan Ploso yang secara beruntun terjangkit DBD yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Tercatat, ada 6 warga yang sampai mendapat perawatan intensif di Puskesmas dan di RSUD Jombang.

    Kasus serupa dengan wilayah yang berbeda juga tak bisa dihitung jari. Untuk itu, pergerakan siswa SD sebagai juru pantau jentik menjadi alternatif pilihan memaksimalkan pencegahan jentik nyamuk dalam rumah tangga. (Dedi_Radio Suara Jombang AM)

    0 komentar:

    Posting Komentar