Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Minggu, 05 Januari 2014

    Masyarakat Jombang Sambut Antusias Kedatangan Presiden SBY



    Sambut Hangat : Bupati Jombang Nyono Suharli Sambut Kedatangan Presiden SBY
    Presiden SBY, Gubernur Soekarwo, Bupati Nyono Suharli Beserta Ibu  Ani, Bude Karwo, Bu Nyono
    Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono  tiba di Pendopo Pemkab Jombang

    Peristiwa yang pernah terjadi pada 31 Desember 2009, yakni saat wafatnya Gus Dur,  suasana dan aura Pendopo Kabupaten Jombang bak Istana Negara Jakarta. Sebab saat itu baik Presiden dan sejumlah tamu pejabat tinggi Negara berada di Pendopo Pemkab Jombang, menghadiri pemakaman Gus Dur. 

    Kini peristiwa bersejarah itu terulang kembali pada 3 Januari 2014. Pendopo Pemkab Jombang bak Istana Negara. Meski hanya  dua jam Presiden RI, DR. Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta pejabat tinggi Negara transit, namun ruang Swagata pendopo pemkab Jombang disulap bak Istana Negara. Tempat tersebut menjadi tempat istirahat Presiden sebelum berangkat menuju ke Pondok Pesantren Tebuireng  menghadiri acara Haul Ke 4 Gus Dur atau peringatan meninggalnya KH. Abdurrahman Wahid. 

    Penjagaan ketat pendopo Pemkab Jombang oleh Paspampres di lakukan sejak pagi. Setiap orang yang hendak berkepentingan masuk ke pendopo di periksa satu persatu oleh petugas yang telah berjaga di pintu detektor, termasuk keluarga Bupati dan Kepala SKPD dilingkup Pemkab Jombang harus mengantri untuk masuk karena proses sterilisasi yang dilakukan petugas. Termasuk memeriksa  barang bawaan. Setiap sudut area Pendopo Pemkab Jombang dijaga ketat petugas bersenjata lengkap. 

    Demikian juga ruang-ruang disekitarnya menjadi tempat transitnya para pejabat Negara. Termasuk  Gubernur Jatim Soekarwo beserta Ibu, serta para rombongan pejabat lainnya yang menyertai. 
    Rombongan para pejabat tinggi negara tersebut akan menghadiri Haul Ke 4- KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur) mantan Presiden Ke 4 –RI, di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang pada pukul 19.30 WIB.

    Agenda Presiden SBY di Kabupaten Jombang diawali melakukan kunjungan  kerja ke PT. Sejahtera Usaha Bersama di Diwek Jombang. Didampingi sejumlah menteri, Gubernur Jatim dan Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, Presiden meninjau langsung pabrik pemroduksi kayu lapis tersebut. Selanjutnya rombongan Presiden menuju ke Pendopo Pemkab Jombang pukul 16.30 WIB.

    Ditengah hujan gerimis tersebut Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono beserta rombongan, disambut Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf dan Wakil Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab serta  Kepala SKPD dilingkup Pemkab Jombang.  

    Presiden mengungkapkan bahwa masyarakat Jombang sangat luar biasa. Meski hujan deras mengguyur  masyarakat Jombang tetap menyambut  hangat kedatangannya. Ini terbukti disepanjang jalan protokol  Kabupaten Jombang,  Presiden tetap membuka kaca pintu mobilnya, untuk menyapa masyarakat. Sehingga baju yang dikenakan basah.  

    “Masyarakat Jombang sangat luar biasa sambutannya, meski baju saya basah, hati saya senang”, tutur Presiden saat akan beristirahat di Ruang Swagata, pendopo pemkab Jombang.  
     
    Sesaat sebelum berangkat ke Ponpes Tebuireng, di pendopo pemkab Jombang, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Ediwan Prabowo dan Kapolda Jawa Timur Irjend Pol Unggung Cahyono  melakukan jumpa pers. Pangdam mengatakan, keamanan di Kabupaten Jombang aman terkendali dan sangat  kondusif. 

    “Saya melihat sendiri ribuan masyarakat dan warga Jombang sangat senang atas kedatangan Presiden Yudhoyono. Hal ini tampak dari antusiasme warga untuk melihat langsung iring-iringan kendaraan rombongan Presiden Yudhoyono saat menuju ke PT. SUB Diwek, hingga menuju ke pendopo pemkab Jombang ini”, tuturnya. 

    Mayjend TNI Ediwan Prabowo menyayangkan adanya pemberitaan televisi yang membuat persepsi seolah-olah ada unjuk rasa besar-besaran untuk menolak Presiden Yudhoyono menghadiri haul Gus Dur di Jombang.

    "Contoh kemarin, salah satu media TV jam 10 runing teksnya muncul, mahasiswa menolak kehadiran SBY. Sorenya sebuah media muncul running text dan menampilkan gambar gambar seolah-olah terjadi bentrok disitu dalam jumlah yang dalam kamera besar, seolah olah terjadi gerakan besar-besaran," katanya.

    Padahal, menurut dia, hanya sedikit aktivis mahasiswa dan bukan opini dari masyarakat Jombang. Bagi keluarga Gus Dur Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono adalah tamu kehormatan dalam Haul ke 4 KH. Abudurahman Wahid. “Keluarga Gus Dur juga sangat menyayangkan berita yang menyudutkan masyarakat Jombang ini, padahal masyarakat Jombang tidaklah demikian”, tambahnya.

    Pukul 19.00WIB, Presiden yang menggunakan busana sarung motif kotak-kotak dipadu dengan baju koko warta putih dan  mengenakan peci hitam, keluar dari Ruang Swagata Pendopo Pemkab Jombang. Selanjutnya  Presiden RI - Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Ani Yudhoyono,  para Menteri Negara Kabinet Indonesia Bersatu jilid II, juga rombongan Gubernur Jawa Timur dan para pejabat dari Propinsi Jatim bersama Bupati Jombang Drs. Ec. H.Nyono Suharli beserta Ibu , Wakil Bupati Jombang  Hj. Mundjidah Wahab yang juga berpakaian serba putih tersebut, berangkat menuju ponpes Tebuireng menghadiri Haul ke 4 Gus Dur di Ponpes Tebuireng.(Wati_Humas Jombang).

    Jombang, 3 Januari 2014
    Radio Suara Jombang

    0 komentar:

    Posting Komentar