Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Senin, 20 Januari 2014

    Hj. Mundjidah Wahab Wakil Bupati Jombang : "Lansia Harus Lebih Berdaya"



    Lansia Harus Lebih Berdaya
    Ratusan kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) menyemarakkan Gebyar Senam Lansia di Alon Alon Jombang pada (10 Januari 2014) pagi. Kelompok masyarakat yang lebih nyaman memilih istilah ‘usia indah’ daripada ‘usia lanjut’ ini memiliki semangat yang tinggi untuk tetap aktif melakukan kegiatan olahraga bersama Ketua Komisi Daerah (Komda) lansia Jombang, Hj. Mundjidah Wahab Wakil Bupati  Jombang, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang  Ir. Hj.Tjaturina Wihandoko MM, serta para Kepala SKPD dilingkup Pemkab Jombang

    “Alhamdulillah pagi ini kita dapat bersama-sama melakukan senam pagi agar kita tetap sehat, tetap semangat dan dapat menjaga kualitas hidup kita agar terhindar dari penyakit. Meskipun usia kita lanjut, tapi kita janganlah menggantungkan diri pada anak-anak kita, kita harus semakin mandiri dan berdaya secara ekonomi”, tutur Hj. Mundjidah Wabah memotivasi para lansia.

    Diungkapkan Hj. Mundjidah Wahab, kita harus  mengubah paradigma lama, yaitu seakan-akan lansia itu tidak berguna lagi, perlu dikasihani dan dibantu. Paradigma baru adalah lansia bisa lebih berdaya, masih bisa berguna di masa purna baktinya bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

    Senam lansia merupakan olahraga yang cocok bagi lansia karena gerakan di dalamnya menghindari gerakan loncat-loncat (low impact), melompat, kaki menyilang, maju mundur, menyentak-sentak namun masih dapat memacu kerja jantung-paru dengan intensitas ringan-sedang, bersifat menyeluruh dengan gerakan yang melibatkan sebagian besar otot tubuh, serasi sesuai gerak sehari-hari dan mengandung gerakan-gerakan melawan beban badan dengan pemberian beban antara bagian kanan dan kiri tubuh secara seimbang dan berimbang.

    Senam Lansia merupakan olahraga ringan dan mudah dilakukan tidak memberatkan yang diterapkan pada lansia. Aktifitas olahraga ini akan membantu tubuh agar tetap bugar dan tetap sehat karena melatih tulang tetap kuat, mendorong jantung bekerja optimal dan membantu menghilangkan radikal bebas yang berkeliaran didalam tubuh.

    Usai senam, Wakil Bupati Hj. Mundjidah Wahab, serta Ir. Tjaturina Wihandoko dan para lansia mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis yang difasilitasi pelayanannya oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. (wati_Radio Suara Jombang)

    0 komentar:

    Posting Komentar