Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Senin, 10 Juni 2013

    KPU Jombang Tetapkan NOAH Sebagai Pemenang Pilkada Jombang 2013



    Pada  Senin (10 Juni 2013) siang bertempat di kantor KPUD Jombang berlangsung Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara pada pelaksanaan pilkada pada 5 Juni 2013. Untuk mengamankan jalannya hitungan manual tersebut, Kepolisian Resort Jombang menurunkan satu SSK (satuan setingkat kompi) atau sekitar 100 personel. Upaya tersebut dilakukan agar proses hitung manual berjalan kondusif dan tanpa kericuhan.

    "Jumlah itu memang cukup banyak. Karena kita tidak ingin terjadi kericuhan saat rekapitulasi suara. Kita tahu semua, pada saat debat kandidat yang dilakukan sebelum pencoblosan, hampir terjadi kericuhan. Nah, jangan sampai situasi tersebut terulang," kata Kepala Sub Bagian Humas Polres Jombang, AKP Sugeng Widodo.

    Rapat pleno di aula KPU, dipimpin langsung oleh Ketua KPU Jombang, Machwal Huda. Sejumlah pihak yang berkompeten juga sudah diundang untuk menyaksikan proses tersebut. Diantaranya, Saksi, PPK, Panitia Pengawas, serta forum pimpinan daerah. Bupati Suyanto yang tengah berada di Jakarta diwakili oleh Plt. Sekda Drs. Hasan, Msi.

    Muhaemin, dari pokja teknis pemungutan dan penghitungan, memimpin jalannya pembacaan hasil pemungutan dan penghitungan suara. Satu persatu PPK  dari  tiap tiap kecamatan menyampaikan hasil perhitungan suara hasil pilkada Kabupaten Jombang. Dari total penghitungan dari 21 kecamatan, hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut;

    Pasangan Munir Alfanani - Wiwik Nuriati (Mukti) dengan nomor urut 1, berada diurutan  ke 3 memperoleh  38039 (5,64%) suara. Kemudian pasangan nomor urut 2,  Widjono Soeparno - Sumrambah (WIRA) memperoleh  234819 (34,82%) suara berada diurutan ke 2. Dan  pasangan Nyono Suharli - Mundjidah Wahab (NOAH) dengan nomor urut 3 memperoleh  401576 (59,54%) suara berada di urutan pertama dalam rekapitulasi hitungan. Dari perolehan suara tersebut, suara sah sebanyak 674434. Jumlah suara tidak sah sebanyak 27307. Jumlah dari suara sah dan tidak sah sebanyak 701741 suara. Dari hasil rekapitulasi penghitungan suara tersebut, telah diterima para saksi dari masing-masing calon Bupati/wakil bupati tanpa ada keberatan. Dan selanjutnya ditanda tangani oleh para pihak.

    Dengan demikian KPU kabupaten Jombang hari ini akan  menetapkan bahwa pasangan Nyono – Munjidah pasangan nomer urut 3 sebagai pemenang pilkada Kabupaten Jombang 2013. “Alhamdulillah dari masing-masing saksi pasangan calon tidak ada keberatan apapun, sehingga KPU sesuai dengan ketentuan akan menetapkan hari ini untuk pemenang pilkada sesuai dengan perolehan suaranya”, tutur Mahwal Huda ketua KPUD Jombang. Dan untuk selanjutnya KPU akan memproses sesuai dengan tahapan selanjutnya hingga pelantikan.

    Dari hasil pilkada Jombang 203 tingkat kehadiran pemilih masih tidak berbeda jauh dengan pilkada tahun 2008. “Alhamdulillah jumlah tingkat kehadiran kali ini masih 70,21 peersen dan yang tidak hadir sekitar 29 persen lebih”, pungkas Mahwal Huda   

    Dalam pesta demokrasi lima tahunan itu, sebanyak 998.463 orang yang sudah masuk DPT (Daftar Pemilih Tetap) memberikan hak suaranya di 2.144 TPS (Tempat pemungutan Suara) yang tersebar di 21 kecamatan. KPU Kabupaten Jombang kemudian menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara yang telah ditandatangani tersebut yang dituangkan dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang Nomor: 56/Kpts/KPU/Kab-014.329722/2013 Tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Jombang Tahun 2013.(WATI_SJAM)

    Jombang, 10 Juni 2013
    Radio Suara Jombang AM/SJAM

    0 komentar:

    Posting Komentar