Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Rabu, 21 November 2012

    Penghargaan Raksaniata Kembali Diraih Jombang

    Wabup WidjonoTerima Piagam Raksaniata
    Kabupaten Jombang menambah deret penghargaan di penghujung tahun 2012. Penghargaan tertinggi di bidang luas tutupan vegetasi yakni Raksaniyata kembali digenggam. Penghargaan yang diserahkan kepada sedikitnya 9 kabupaten/kota di seluruh Indonesia tersebut mencatatkan nama Jombang untuk ketiga kalinya.

    Penghargaan Raksaniyata 2012 dari Kementerian Lingkungan Hidup RI dianugerahkan bersamaan dengan acara Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tahun 2012, di Istana Wakil Presiden Jalan Kebon Sirih Jakarta, yang dihadiri Wakil Presiden RI Prof DR H Boediono, Menteri Lingkungan Hidup RI Prof DR Balthasar Kambuaya MBA dan beberapa menteri.

    Wakil Bupati Jombang. Drs.H Widjono Soeparno, Msi mengaku bangga menerima penghargaan yang erat hubungannya dengan kelestarian lingkungan ini pada Senin (19/11/2012) siang di istana Wakil Presiden RI. “Raksaniyata ini memang didapatkan dengan dukungan berbagai pihak terkait kepedulian terhadap lingkungan, pemerintah didukung masyarakat, LSM dan DPRD bahu-membahu mewujudkan Jombang yang hijau sebagai wujud kecintaan terhadap lingkungan,” ujar Widjono sesaat setelah menerima penghargaan.

    Wabup juga menilai keberhasilan ini adalah keberhasilan masyarakat Jombang yang peduli dengan lingkungannya. “Kesadaran masyarakat Jombang patut diapresiasi, tidak hanya masalah penghijauan bahkan menjaga kelestarian ekosistem sungai Brantas pun masyarakat sendiri yang menjaganya lewat program Jogo Tanggul,” tegasnya.

    Penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup (LH) Prof.Dr.Balthasar Kambuaya, MBA. Dalam sambutannya, Balthasar menegaskan penghargaan Raksaniyata sebagai pendorong komitmen kabupaten/kota di Indonesia untuk lebih concern terhadap masalah kelestarian lingkungan dan penghijauan.

    “Raksaniyata, sebagai tolok ukur sejauh apa upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah dalam mendukung program cinta lingkungan dan pencegahan terhadap efek rumah kaca yang dapat mengakibatkan global warming atau pemanasan global,” ujarnya setelah memberikan penghargaan tersebut kepada 9 kabupaten/kota terbaik se-Indonesia.

    Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono mengucapkan selamat kepada para peraih penghargaan. “Selamat atas penghargaan yang telah diraih, ini pencapaian yang luar biasa dalam hal pelestarian lingkungan, semoga kita makin cinta terhadap satwa dan lingkungan kita,” ujarnya.

    Sesuai dengan Program Menuju Indonesia yang dicanangkan Presiden pada 2006, pada tahun 2012 dilakukan evaluasi kinerja terhadap 95 kabupaten, dimana terdapat 29 kabupaten nominator yang dapat mempertahankan vegetasi berhutan pada kawasan hutan lindung.

    Lima diantaranya dianggap berhak menerima Trophy penghargaan Raksaniyata 2012 yaitu Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tengara, Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara dan Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

    Sedangkan Piagam Raksaniyata diberikan kepada empat kabupaten, yakni Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dan Kabupaten Jombang, Jawa Timur. (Dedi_SJAM)





    Jombang, 20 November 2012
    Radio Suara Jombang AM 792 Khz

    0 komentar:

    Posting Komentar