Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Kamis, 22 November 2012

    Ekspose Hasil Indeks Kepuasan Masyarakat Di Kabupaten Jombang



    Widjono Soeparno Wabup Jombang Membuka Ekspose IKM
    Dalam rangka transparansi dan mewujudkan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pelayanan public di Kabupaten Jombang, Bagian Organisasi sekretariat daerah kabupaten Jombang  telah melakukan kegiatan pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap SKPD/BUMD serta Satuan Pendidikan dilingkup pemkab Jombang. Dan hasil dari penyusunan IKM tersebut pada Kamis (22/11) diekspose dihadapan 44 SKPD/BUMD/Satuan Pendidikan diruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang. Acara tersebut dibuka oleh wakil Bupati Jombang Drs. H. Widjono Soeparno Msi.

    Disampaikan Drs. Eka suprasetyo, AP,MM bahwa kegiatan ekspose hasil penyusunan indeks kepuasan masyarakat di kabupaten Jombang 2012 ini adalah untuk memberikan suatu gambaran penilaian masyarakat  terhadap kwalitas pelayanan public yang diberikan oleh SKPD/BUMD/Satuan Pendidikan di lingkup pemkab Jombang.

    “Tujuan ekspose ini agar SKPD/BUMD/dan Satuan Pendidikan yang ada di Jombang  mengetahui kualitas Pelayanan Publik yang telah diberikan kepada masyarakat yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi agar kedepan mampu memberikan pelayanan yang lebih efisien, efektif dan dapat memenuhi sesuai kebutuhan masyarakat”, ungkap Eka Suprasetyo.

    Wakil Bupati Jombang Widjono Soeparno saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Jombang memang telah berkomitmen akan senantiasa meningkatkan pelayanan  public. Dan ini terbukti bahwa dari berbagai pelaksanaan program yang ada  selalu dilakukan survey terhadap masyarakat pengguna layanan.  “Inilah wujud esensi otonomi daerah, bagaimana kita memberikan pelayanan kepada public”, tandasnya.

    Menurut  Wabup Widjono Soeparno hasil dari pengukuran IKM ini dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kekurangan dan kelemahan kualitas pelayanan public, yang selanjutnya sebagai bahan pertimbangan penyusunan kebijakan untuk perbaikan pelayanan waktu mendatang serta sebagai tolok ukur kualitas pelayanan public di Kabupaten Jombang.  “Pelayanan public harus dilakukan dengan transparan dan akuntabel oleh setiap unit pelayanan instansi pemerintah karena kualitas kinerja birokrasi pelayanan public mempunyai implikasi yang luas dalam mencapai kesejahteraan masyarakat:, tuturnya.

    Dari hasil penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pemerintah Kabupaten Jombang pada 2012 menunjukkan hasil bahwa untuk kelompok SKPD - Badan menunjukkan bahwa nilai IKM dalam kategori BAIK mempunyai nilai 74,24. Dari hasil tersebut,  Badan yang mempunyai nilai paling tinggi adalah Badan Pelayanan Perijinan dengan nilai 78,96. Kelompok Badan berdasarkan  penilaian responden dari 14 unsur pelayanan nilainya Baik.

    Untuk SKPD  kelompok Kantor nilai rata-rata IKM kategori BAIK nilainya adalah 77,01. Kantor yang mempunyai nilai paling tinggi adalah kantor Ketahanan Pangan dengan nilai 78,96. Berdasarkan penilaian responden dari 14 unsur pelayanan semua kantor nilainya Baik.

    Hasil penyusunan IKM pada SKPD kelompok Dinas dalam kategori Baik mempunyai nilai rata-rata 78,52. Nilai yang paling tinggi adalah Dinas Peternakan dan Perikanan dengan nilai 84,74. Kelompok Dinas berdasarkan penilaian responden dari 14 unsur pelayanan dinilai Baik.

    Hasil penyusunan IKM pada  kelompok Unit Kerja Lain  dalam kategori Baik mempunyai nilai rata-rata 75,59. Nilai yang paling tinggi untuk Unit Kerja Lain adalah Perusda Bank Jombang  dengan nilai 78,07 Kelompok Unit Kerja Lain  berdasarkan penilaian responden dari 14 unsur pelayanan dinilai Baik.
    Hasil penyusuanan IKM pada  kelompok Kecamatan yang menunjukkan  kategori Baik mempunyai nilai rata-rata 76,24. Kecamatan yang mempunyai nilai  paling tinggi adalah Kecamatan Plandaan dengan nilai 87,91. Berdasarkan penilaian responden dari 14 unsur pelayanan dinilai Baik.

    Hasil penyusunan IKM pada  kelompok Kelurahan yang menunjukkan  kategori Baik mempunyai nilai rata-rata 78,99. Kelurahan  yang mempunyai nilai  paling tinggi adalah Kelurahan Kepanjen  dengan nilai 83,1 8. Berdasarkan penilaian responden dari 14 unsur pelayanan dinilai Baik.

    Hasil penyusunan IKM pada  kelompok  sekolah  yang menunjukkan  kategori Baik mempunyai nilai rata-rata 78,99. Sekolah  yang mempunyai nilai  paling tinggi adalah SMA Negeri 2 Jombang dengan nilai 79,12. Berdasarkan penilaian responden dari 14 unsur pelayanan dinilai Baik.

    Pada kegiatan ekspose Hasil Penyusunan Indeks  Kepuasan Masyarakat  tersebut, para peserta yang hadir menerima materi dari  Fajar Hengki Wijaya ,ST - Direktur CV Pradana Utama Consulindo -Sidoarjo  tenaga ahli yang mengolah data IKM. (Wati_SJAM)

    Jombang, 22 Nopember 2012
    RADIO SUARA JOMBANG AM792 KHz



    0 komentar:

    Posting Komentar