Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Senin, 24 September 2012

    Sukses Pembukaan Pospeda V Jatim Di Jombang




    Kesuksesan pembukaan pekan olahraga dan seni antar pesantren daerah (Pospeda) Jatim V di stadion Merdeka Jombang (22 September 2012) mendapat apresiasi dari Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) wakil Gubernur Jawa Timur yang hadir mewakili gubernur Jatim Soekarwo.  Jika dinilai dengan angka, penyelenggaraan pembukaan ini nilanya hampir seratus persen.

    “Upacara Pembukaan Pospeda Jatim di kabupaten  Jombang ini  saya nilai 99,9. Untuk itu saya sangat berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Jombang yang  telah mempersiapkan acara ini dengan baik. Meski kostumnya berbeda-beda tapi tetap kompak, tertib dan meriah”, cetus Gus Ipul disambut dengan  tepuk tangan seluruh peserta yang hadir.

    Disampaikan oleh Gus Ipul bahwa Pospeda Jatim ini mulai lahir pada 2001. Gubernur Jatim Imam Utomo yang mulai merintis penyelenggaraan Pospeda hingga berlanjut sampai sekarang. “Tujuan Pospeda ini sangat mulia, selain menggairahkan olahraga dilingkungan pesantren, sekaligus menjaring atlit atlit berbakat dari pesantren”, tuturnya.

    Menurut Gus Ipul, kalau santri pinter mengaji, santri sekolah  itu sudah biasa, tapi kalau santri juga jago olahraga itu yang luar biasa, itulah sebabnya lahirlah Pospeda ini.”Untuk itu jangan ada atlit di Pospeda ini yang menjadi atlit bon-bonan, untuk apa ngebon wong tujuannnya adalah untuk  menghibur sekaligus olahraga rekreasi bagi santri”, tuturnya.  Untuk itu Gus Ipul berpesan agar event ini, tidak menjadikan peserta menghalalkan segara cara untuk menang. Sebab yang sudah hadir disini ini pada dasarnya adalah para juara.

    Sekitar 3.000 santri pondok pesantren akan bertanding pada 12 cabor (cabang olahraga). Di antaranya atletik, sepakbola, bola voli, bola basket, bulu tangkis, tenis meja, sepak takraw, pencak silat, catur, karate dan senam santri. Sedangkan cabang seni yang dilombakan meliputi qasidah dan santri idol, pidato tiga bahasa, kaligrafi, baca puisi terjemahan Al-Qur’an, seni kriya islami dan fotografi. Kegiatan olahraga itu akan berlangsung sekitar lima hari, mulai 22-27 September mendatang.

    Menandai pembukaan pospeda V Jatim 2012, dilakukan pelepasan balon yang dilakukan oleh atlit panahan. Serta dilakukan penyerahan trophy bergilir dari juara umum dari kota Blitar kepada Bupati Suyanto untuk diperebutkan. Acara yang dihadiri para pejabat dilingkup Jatim baik dari Dispora maupun kemenag Jatim tersebut, juga tampak Bupati dan wakil Bupati Jombang serta  Forpimda jombang, wakil Bupati Mojokerto. Acara ditutup dengan penampilan kolosal peragaan jurus silat dengan Tema Kesatria Pemersatu Bangsa. (Wati_SJAM)

    Jombang, 22 September 2012
    Radio Suara Jombang AM 792 Khz

    0 komentar:

    Posting Komentar