Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Selasa, 11 September 2012

    Seratus Sekdes Di Jombang Mengikuti Diklat Kearsipan

    Arsip sebagai sumber data, sumber informasi sekaligus sebagai dokumen sangat penting, apalagi jika arsip tersebut  diperlukan  dalam pengambilan kebijakan pemerintahan. Untuk membentuk SDM pengelola kearsipan yang mampu bekerja secara cepat, tepat dan  valid dalam kinerja di pemerintahan desa,  Badan Kepegawaian daerah  Jombang ( BKD) menyelenggarakan Diklat Kearsipan selama 5 hari diaula SMA negeri 3 Jombang. Yakni mulai 10 September 2012 sampai dengan 14 September 2012.

    “Tujuan Diklat Kearsipan ini adalah untuk memberikan bekal pengetahuan, ketrampilan kepada bagian pengelolah kearsipan  utamanya sekdes pada pemerintahan desa agar bisa melakukan kinerjanya dengan baik dan professional  terutama tingkat kecepatan, ketepatan juga tingkat kevalidan data”, tutur  Ikhsan Gunajati Kepala BKD  Kabupaten Jombang.

    Diklat Kearsipan di buka oleh M. Munif Kusnan SH, Msi Sekdakab  Jombang. Dalam sambutannya kepada para peserta diklat, Munif Kusnan  berharap kepada para Sekdes untuk banyak belajar, dan lebih professional dalam menjalankan tugas pokok fungsi dan senantiasa mengikuti perkembangan teknologi yang begitu cepat. Seluruh pengetahuan yang didapat diharapkan segera diaplikasikan dalam pelaksanaan tugasnya. Up dating data harus terus dilakukan karena dokumen itu sangat penting.  Dengan mengikuti diklat ini juga diharapkan  akan  terwujud tertib administrasi desa khususnya arsip. ”Kalau data tidak valid, bagaimana kita bisa melakukan perencanaan dengan tepat”, tandas Munif Kusnan . Ditekankan pula oleh Munif hendaknya ada perlakuan serius dalam pemeliharaan dan pengamanan arsip sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sebab apabila hal ini tidak dilakukan juga ada ketentuan sangsi administrasi serta hukum.

    Selama lima hari tersebut  peserta memperoleh bekal materi dari Badan Arsip Pemerintah Propinsi Jawa  Timur, juga kepala SKPD terkait dilingkup  Pemkab Jombang  . Diantara materi yang disampaikan “Tata Naskah Arsip Pemerintahan Desa, Pengurusan Surat Pemerintahan Desa, Penyimpanan Dan Pengamanan Arsip Pemerintahan Desa serta Penyusutan Arsip pemerintahan Desa. (Wati_SJAM)

    0 komentar:

    Posting Komentar