Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Rabu, 14 Maret 2012

    Kabupaten Jombang Berkomitmen Mewujudkan Kota Hijau

    Sebanyak 60 walikota dan Bupati dari berbagai daerah di Indonesia termasuk Kabupaten Jombang telah menandatangani piagam komitmen kota hijau yang difasilitasi Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

    "60 pimpinan daerah telah menyatakan komitmennya untuk mewujudkan daerah yang aman, nyaman, produktif serta berkelanjutan, termasuk Jombang  telah menandatangani piagam komitmen kota hijau," terang  Bupati Suyanto.

    Penandatanganan  piagam komitmen kota hijau itu sudah  dilakukan pada  Senin (7/11) pada peringatan puncak hari tata ruang 2011 yang lalu di aula auditorium gedung SDA dan Penataan Ruang Kementerian PU.
    Seluruh kabupaten/kota yang telah terpilih dalam Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) dinilai telah memenuhi kriteria yang ditentukan diantaranya memiliki peraturan daerah (Perda) RTRW yang sesuai dengan UU nomor 26/2007 dan mendapat persetujuan substansi RTRW dari Menteri PU.

    "Kabupaten Jombang  sudah berkomitmen untuk mengalokasikan anggaran pembangunan daerah yang memadai untuk merealisasikan Rencana Aksi Kota Hijau (RAKH). Kementerian PU akan memfasilitasi kabupaten Jombang  dalam menjalankan rencana aksi tersebut," tutur Bupati Suyanto

    Menurutnya, kota hijau merupakan kota yang ramah lingkungan, mampu memanfaatkan secara efektif dan efesien sumberdaya air dan mineral, mengurangi limbah, menerapkan transportasi terpadu, menjamin kesehatan lingkungan alami dan buatan, berdasarkan perencanaan dan perancangan kota yang berpihak pada prinsip pembangunan yang berkelanjutan.

    Kabupaten Jombang dalam  mewujudkan kota hijau telah  menyiapkan rencana dan desain yang sensitif terhadap agenda hijau, kemudian peran serta masyarakat dalam pengembangan kota dan perwujudan Ruang Terbuka Hijau (RTH) minimal 30 persen dari luas wilayah  Kabupaten Jombang. Program yang dilaksankan Pemerintah kabupaten Jombang ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas ruang kota agar responsif terhadap perubahan iklim.

    Saat ini yang terpenting untuk mewujudkan kota hijau yang berwawasan lingkungan adalah melaksanakan aksi nyata, mewujudkan rencana yang telah disusun. Konsep yang ideal menjadi sia-sia bila tidak diimbangi dengan konsistensi pelaksanaan.

    Rencana Dan Tindakan tersebut kemarin disampaikan pada acara Kick Off Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) di Sidoarjo, Senin (12/3/2012). Acara yang diberi tajuk kick off tersebut dimaksudkan untuk membuka pelaksanaan P2KH tahun ini. “Program ini  merupakan tahapan yang lebih maju tidak berhenti pada penyusunan rencana, melainkan pada aksi nyata”, tutur Bupati dua periode ini.

    Area Ruang Terbuka Hijau yang dipersiapkan di kabupaten Jombang lokasinya berada didepan Tirta Wisata Jombang. Luas lahannya sekitar 5000 meter persegi. (Wati_SJAM)

    Jombang, 13 Maret 2012
    LPPL Radio Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar