Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Senin, 26 Maret 2012

    Forpimda Jombang Sidak SPBU dan Pasar



    Pemkab Jombang menyiapkan operasi pasar menjelang kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak). Saat ini Pemkab terus melakukan pemantauan harga di sejumlah pasar tradisional. Kepastian itu disampaikan Bupati Suyanto usai gelar pasukan antisipasi gangguan  ketertiban dan keamanan di alon alon Jombang yang dilanjut dengan melakukan  sidak (inspeksi mendadak) di SPBU Mojongapit dan SPBU Gatot Subroto. Yang diakhiri dengan sidak harga bahan pokok di  Pasar Pon Jombang, Senin (26/3/2012)pagi.

    "Kita sudah melakukan koordinasi dengan Forpimda Kabupaten. Jika harga sudah tidak terkendali maka kita akan melakukan operasi pasar. Saat ini harga masih stabil, jadi operasi pasar belum diperlukan," kata Bupati Suyanto saat sidak dipasar PON Jombang.

    Suyanto Bupati Jombang mengatakan, dari hasil sidak ada sejumlah kenaikan harga. Semisal, minyak goreng dan gula. Namun kenaikan itu hanya berkisar Rp 1000 saja. Untuk harga beras, kata Suyanto, cenderung mengalami penurunan, dari harga 8 ribu/Kg menjadi Rp 7.400 hingga Rp.7.600/ Kg. "Kenaikan ini masih normal, jadi operasi pasar belum diperlukan," tandasnya.

    Adanya kenaikan sejumlah harga itu diakui oleh para pedagang. Setidaknya ada enam barang kebutuhan pokok yang mulai merangkak naik sepekan terakhir. Keenamnya yakni cabe, gula pasir, minyak goring, lele, daging, bawang putih dan kedelai. Kenaikan tertinggi terjadi pada cabe. Minggu lalu, harga cabai per kilogram sebesar Rp25 ribu, namun kini naik menjadi Rp 32 ribu.

    Kenaikan tinggi juga terjadi pada daging sapi. Jika sebelumnya perkilogram hanya Rp 58 ribu, sekarang menjadi Rp 62 ribu. Kenaikan tajam juga terjadi pada kedelai. Jika sebelumnya perkilogram kedelai lokal masih dikisaran Rp 4.500, sekarang sudah Rp 6.000.

    Untuk harga bawang putih dan lele yang sama-sama naik Rp 1.000. Jika per kilogram lele sebelumnya cuma Rp 12 ribu, sekarang jadi Rp 13 ribu. Bawang putih yang semula Rp 6 ribu per kilogram sekarang sudah Rp 7 ribu. Meski tidak tajam, gula juga berangsur-angsur naik. Jika minggu lalu per kilogram di pasaran masih dijual Rp 9.800, sekarang sudah Rp 10.200 per kilogramnya.

    Sidak dilakukan oleh Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Jombang. Yakni, Bupati Suyanto, wakil Bupati Widjono Suparno, Sekda, Ketua DPRD Jombang, Kapolres, Dandim, Dansatradar dan Kepala Kejaksaan Negeri Jombang. (Wati_SJAM)

    Jombang, 26 Maret 2012
    LPPL Radio Suara Jombang AM


    0 komentar:

    Posting Komentar