Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Kamis, 22 Maret 2012

    Bupati Suyanto launching E-KTP Di Kecamatan Jombang

    Program kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kabupaten Jombang dimulai. Launching program ini dilaksanakan  serentak di dua kecamatan yaitu kantor Kecamatan Jombang dan Kecamatan Ploso, (20/3) pagi. Bupati Suyanto berada di Kecamatan Jombang bersama Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Jombang. Sementara itu Wakil Bupati Jombang dan ketua DPRD Jombang di kecamatan Ploso.

    Bupati Jombang Drs. H. Suyanto MM  menjadi orang pertama yang direkam datanya dan disampaikan ke pusat. Bupati Suyanto  berharap perekaman data untuk e-KTP bisa selesai tepat waktu, setidaknya pada akhir 2012 sudah selesai sesuai target nasional.

    “Ini sudah menjadi komitmen bersama antara pemerintah pusat hingga daerah , bagaimana E-KTP dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu”, tutur Bupati Suyanto pada  launching program e-KTP di kantor Kecamatan Jombang.

    Menurut Bupati Suyanto program nasional E-KTP adalah tugas besar yang membutuhkan keseriusan didalam pelaksanaannya. Meski didalam pendistribusian hardware mengalami hambatan namun Kabupaten Jombang optimis siap menyukseskan program E-KTP.  Untuk itu kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jombang, Bupati Suyanto juga mengingatkan dan meminta untuk mempersiapkan juga yang terkait solusi atau langkah apabila didalam pelaksanaan pemrosesan E KTP terjadi  hambatan. Utamanya yang berkaitan dengan  sumberdaya manusia (SDM) yang harus berhadapan dengan tehnologi, kesiapan fisik karena terkait dengan kejar target, serta antisipasi apabila terjadi data ganda karena adanya mutasi pekerjaan atau pernikahan  sehingga data ditolak (rejected).

    Setidaknya ada 1.054.607  warga Jombang  yang saat ini wajib  untuk e-KTP. Dengan rincian 526.590 laki laki dan 528.017 perempuan.  Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Jombang Laili Agustin menyatakan optimis tahap perekaman data akan  rampung pada September 2012, lebih awal dari yang ditargetkan Desember 2012.
    “Kami sangat optimis meskipun dari pusat itu waktunya sampai Desember, tapi kita targetkan di perencanaan ini sampai September ,” tutur Laili Agustin.

    Camat Jombang Muji Widodo  menargetkan  kecamatan Jombang mampu melayani perekaman data e-KTP 200 orang per hari, dengan target waktu 4 menit untuk satu pemohon e-KTP. Setiap kecamatan  memiliki 2 unit perangkat KTP elektronik yang akan dioperasikan oleh 4 operator secara bergantian. Mereka juga dibantu 4 orang pembantu operator dari kecamatan. “Kami telah atur alur pelayanan E-KTP yang nyaman dan cepat”, tuturnya

    Pembuatan e-KTP ini akan dimulai dengan menyebarkan undangan ke masyarakat per kelurahan. Setiap harinya, petugas akan melayani masyarakat satu kelurahan secara bergiliran. Jika satu kelurahan sudah beres, maka hari berikutnya akan berganti dengan kelurahan yang lain.”Kelurahan Kaliwungu akan mendapat kesempatan pelayanan pertama, selanjutnya kelurahan Jombatan dan seterusnya”, tutur Muji Widodo.

    Dilokasi kecamatan Jombang juga terlihat 1 unit mobil operasional E –KTP yang akan melayani masyarakat secara mobiling dan tampak  juga beberapa sepeda motor yang akan menjadi kendaraan operasional  (Wati_SJAM)

    Jombang, 20 Maret 2012
    LPPL Radio Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar