Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Rabu, 15 Februari 2012

    Rakor Persiapan Pantau II : Raih Kembali Adipura 2012


    Kegagalan meraih adipura pada tahun 2011 bukanlah merupakan akhir dari upaya menjaga kebersihan lingkungan dan mengelola lingkungan dengan baik. Justru hasil ini menjadi cambuk bagi semua kalangan untuk semakin meningkatkan kebersihan lingkungan dan pengelolaan lingkungan. Hal ini seringkali dikemukakan Wakil Bupati, Drs. Widjono Soeparno, MSi., pada setiap rapat koordinasi dengan seluruh kepala skpd, stakeholder dan seluruh elemen masyarakat. Seperti halnya yang telah dilaksanakan di Ruang Bung Tomo Pemda Jombang (15/2) pada acara Persiapan Pantau II Adipura 2012, Wabup juga berpesan bahwa tahun 2012 ini Adipura harus kita raih lagi.

    Pada dasarnya bukanlah adipura yang menjadi tujuan utama dari upaya menjaga kebersihan lingkungan dan mengelola lingkungan, tetapi bagaimana meningkatkan daya dukung lingkungan yang optimal bagi kehidupan masyarakat, masa kini ataupun masa mendatang, sehingga Pekalongan bukan hanya nyaman bagi tempat tinggal warga di masa kini, namun juga memiliki daya dukung yang berkelanjutan bagi dunia usaha ataupun masyarakat di masa mendatang.

    Kepala BLH, Ir. Heru Wijayanto, MSi., sangat antusias sekali dalam pelaksanaan Adipura tahun ini. Pada tahun 2012 ini ada penambahan titik pantau baru yang harus mendapat perhatian kita semua, antara lain di sekolah SDN Jombatan V, MAN Jombang, Perum Pulo Asri, Perum Kaliwungu, Perum Sambong Permai, Jalan Dr. Setiabudi, Kantor Inspektorat dan Puskesmas Pulo. Penilaian adipura ditik beratkan pada 9 komponen utama antara lain terminal, pasar, kantor, taman/hutan kota, TPA, jalan arteri/kolektor, perumahan/pemukiman, pemilahan/pengolahan dan inovasi daur ulang sampah.

    Selain TPA yang menjadi nominator terbaik adipura, tidak kalah penting lagi adanya nilai plus pada pelaku penggerak bank sampah di Perum Jaya Abadi yang sudah berjalan lama. Gerakan ini sangat mendukung dalam upaya daur ulang sampah menjadi bahan yang berguna, jadi sampah menjadi barang investasi. Ke depan Perum Jaya Abadi akan dijadikan perumahan percontohan di tingkat kabupaten.

    Hadir pada kesempatan itu, Sekda, para Asisten, seluruh kepala SKPD, kepala sekolah di lingkup kota Jombang, dan Camat, Kades/Lurah se-Kecamatan Jombang. (aries)

    Jombang, 15 Pebruari 2012
    LPPL Radio Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar