Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Rabu, 15 Februari 2012

    Pembekalan UKS : Jombang Luar Biasa

    Kebiasaan hidup bersih harus ditanam sejak anak-anak usia dini, kesehatan menjadi kebutuhan utama sehingga generasi yang akan datang menjadi generasi yang berkualitas. Generasi muda sekarang harus lebih baik lagi, tidak saja aspek intelenjensinya saja, tapi saat ini harus dipersiapkan aspek emosional, spiritual serta kinetisnya harus bagus. Salah satu upaya kinestikanya melalui UKS, karena sehat saat ini menjadi penting sebagai tolak ukur suatu bangsa. Demikian beberapa arahan dari Drs. Susanto Ketua Sekretariat Tetap (Sektap) UKS Tingkat Provinsi Jawa Timur pada acara pemberian pembekalan kepada beberapa kabupaten/kota antara lain Jombang, Kediri, Madiun dan Sidoarjo di Ruang Sektap UKS Provinsi Jatim (14/2).

    Drs Susanto, yang akrab dipanggil eyang Santo, lebih lanjut mengatakan bahwa “Saat ini pintar saja tidak cukup, tapi anak harus dibekali oleh kecerdasan emosi, spiritual serta kemampuan kinetis yang semua itu menjadi satu kesatuan yang ada pada generasi muda yang akan datang,”. Hal ini seperti apa yang telah dikumandangkan oleh Sekdaprov Jatim, Dr. Rasiyo pada acara Rapat Kerja Daerah UKS baru-baru ini di Surabaya juga.

    Lomba Lingkungan Sehat Sekolah (LLSS) yang telah diadakan provinsi telah memutuskan salah satunya sekolah MAN 5 Kabupaten Jombang sebagai wakil Jawa Timur untuk tingkat nasional. Penilaian tingkat nasional akan diadakan sekitar bulan Juni dan Juli yang akan datang.

    Kabupaten Jombang yang diwakili oleh wakil bupati, Drs. Widjono Soeparno, MSi., Asisten I, Drs. Eksan Gunajati, MSI., Kepala Dinas Pendidikan, Kabag Kesra, Kepala sekolah MAN 5, dan dari dinas instansi terkait, menghadiri undangan dari Sektap UKS Provinsi dengan agenda pembekalan UKS menghadapi penilaian tingkat nasional. Dalam kesempatan itu juga, Tim UKS Kabupaten Jombang diminta oleh eyang Santo menyuarakan yel-yel UKSnya yaitu Jombang luar biasa.

    Dalam materi pembekalan tersebut antara lain mengemukakan tentang penilaian LLSS sendiri meliputi penilaian Sektap (30%) dan penilaian sekolah (70%). Dalam penilaian di sekolah, tim penilai menetapkan 5 kriteria, yaitu fisik / kondisi sekolah, peran tenaga pendidik dan peserta didik, kegiatan UKS, dampak UKS di radius 500 meter dan manejemen organisasi UKS.

    Khusus di Kabupaten Jombang telah dilakukan pembenahan sektap di tingkat kabupaten maupun kecamatan baik itu mengenai bangunan fisik dan kelengkapannya. Semua upaya kesehatan akan tercapai bila sekolah dan lingkungan dibina dan dikembangkan. Pembinaan lingkungan sekolah sehat dilakukan melalui pemeliharaan sarana fisik dan lingkungan sekolah, melakukan pengadaan sarana sekolah yang mendukung terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat, melakukan kerja sama dengan masyarakat sekitar sekolah yang mencerminkan lingkungan besih dan sehat, dan melakukan penataan halaman, pekarangan, apotek hidup dan pasar sekolah yang aman. (aries )

    Jombang, 14 Pebruari 2012
    LPPL Radio Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar