Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Rabu, 15 Februari 2012

    Kesling Desa Temuwulan Siap Maju Ke Tingkat Nasional



    Tim Penilai Lomba Desa Lingkungan Bersih Dan Sehat   Provinsi Jawa Timur, pada Selasa  (14/2) mengunjungi  desa Temuwulan, kecamatan Perak, Kabupaten Jombang. Tim yang terdiri dari unsur PKK dan SKPD terkait seperti BKKBN, Bapemas, Dinkes, Biro Kesra Provinsi Jatim tersebut dipimpin oleh Erna Cahyono. Tim diterima di Balai Desa Temuwulan oleh Sekretaris Daerah Kab. Jombang M. Munif Kusnan, kepala SKPD terkait, Camat Perak,Muspika kecamatan Perak dan  wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Susi Widjono Suparno.    

    Diungkapkan oleh Sekda Munif Kusnan bahwa yang menonjol di desa Temuwulan adalah desa ODF, yakni desa  yang masyarakatnya 100 % telah   bebas dari buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free. Desa ini pada tingkat Kabupaten telah meraih juara I Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat. Dan kini telah masuk nominasi  mewakili  Kabupaten Jombang ke tingkat Provinsi dalam lomba yang sama. Dengan kegiatan lomba ini sekaligus sebagai bentuk penyadaran prilaku hidup bersih dan sehat dimasyarakat, tambah Sekda Munif
    “Kami  pemerintah Kabupaten Jombang sangat menyambut baik adanya lomba ini, dan kami mewakili desa Temuwulan akan  sangat-sangat  siap apabila kami dimenangkan dan dimunculkan  untuk maju ke tingkat nasional”, tandas Munif Kusnan.
    “Jika  Temuwulan menang, kami  tidak hanya siap secara fisik.. tapi juga siap dalam kegiatan  praktek maupun  actionnya dilapangan, yang pasti  desa Temuwulan selalu siap!”, tandasnya.

    Disampaikan oleh Erna Cahyono ketua tim penilai bahwa kedatangan tim penilai untuk memverifikasi  secara langsung antara data dan kegiatan riel dilapangan terhadap beberapa aspek penilaian. Antara lain penggunaan jamban sehat, rumah sehat, pengelolaan sampah dan pemanfaatan pekarangan. “Kedatangan kami adalah untuk memverifikasi ke lapangan mencocokan antara data dan kegiatan yang ada”, tutur Erna Cahyono.

    Point plus dari desa Temuwulan ini adalah desanya sudah seratus persen ODF.  Ini diapresiasi oleh ketua Tim Erna Cahyono.”Saya sangat bangga karena desa Temuwulan, dan terutama kecamatan Perak ini   sudah seratus persen ODF”, tandasnya.
    Tim melihat langsung kegiatan Posyandu Balita, Posyandu Usia Lanjut, Rumah Sehat, Pemanfatan Pekarangan,  Usaha Kesehatan Kerja, Pengelolaan Sampah hingga pembuatan pupuk, juga pembuatan biopori di Temuwulan. 

    Kegiatan rutin  yang digelar oleh Tim Pengerak PKK Pusat, BKKBN, dan Kementrian Kesehatan ini diantaranya menggelar lomba KB Kesehatan, Posyandu, Lingkungan Bersih Dan Sehat, dan  Prilaku Hidup Bersih Sehat. Kegiatan seleksinya telah dimulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga tingkat nasional.“ Ya, semoga Jombang menang dan dapat mewakili provinsi Jawa Timur di tingkat nasional.  Diharapkan juga oleh oleh ketua Tim Prov. Jatim Erna Cahyono, Lingkungan sehat dan bersih didesa Temuwulan ini tetap terjaga, dan akan diikuti desa lainnya. 

    Selain Kabupaten Jombang, tim Provinsi  juga akan melakukan verifikasi ke  kabupaten/kota lainnya di Jatim. Antara lain kabupaten Pacitan, Tulungagung, Nganjuk,  Mojokerto Bojonegoro dan kota Probolinggo.(Wati_SJAM)

    Jombang, 14 Pebruari 2012
    LPPL Radio Suara Jombang AM


    0 komentar:

    Posting Komentar