Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Selasa, 31 Mei 2011

    Bantu Sanitasi, Dubes Australia Turun ke Banjardowo


    Kedatangan Greg Moriarty, Duta Besar Australia untuk Indonesia disambut hangat masyarakat di dua desa. Rombongan Dubes Australia didampingi pejabat pemerintah daerah yang dipimpin Sekdakab Jombang, HM Munif Kusnan. Sebelum mengunjungi desa Banjardowo yang mendapat dana bantuan sanitasi dari pemerintah Australia, Moriarty lebih dulu mampir ke Perak.

    Tepat pukul 09.00 WIB, Greg Moriarty didampingi beberapa pejabat kedutaan dari Australian Embassy tiba di Balai Desa Pagerwojo Perak. Desa ini kebetulan juga mendapat dana bantuan PNPM (Program Nasional Pembangunan Masyarakat) sejak tahun 2009 lalu. Besaran bantuan yang diberikan mulai tahun 2009 sebesar 2 Miliar, tahun 2010 dan 2011 masing-masing sebesar 1,5 Miliar.

    Puas melihat langsung pelayanan Poskesdes (Pos Kesehatan Desa), Moriarty kemudian bertolak menuju Desa Banjardowo. Desa ini mendapat bantuan dari pemerintah Australia untuk pengembangan akses air bersih. Bersama Bank Dunia dan pemerintah daerah, Australia memperkuat kapasitas pemerintah untuk membangun kebijakan air dan sanitasi serta mereformasi pelayanan air.

    Disini, Moriarty bertanya langsung kepada masyarakat apakah program tersebut bisa dirasakan manfaatnya. “Apakah bisa dirasakan manfaatnya ?” kata Moriarty dengan bahasa Indonesia yang sedikit kaku. Warga tersebut langsung mengarahkan Dubes ke arah kran saluran air untuk menunjukkan bahwa disitu memang sudah bisa mengakses air bersih.

    Kini, ada sekitar 1200 keluarga di Banjardowo yang mendapat bantuan air bersih tersebut. Sedangkan anggaran yang dikucurkan untuk Kabupaten Jombang saat ini mencapai 2,6 Miliar. Dalam release resmi Kedutaan Besar Australia di Jakarta disebutkan, selain membantu Jombang Australia juga memberi bantuan untuk Bangkalan, Malang, Sidoarjo dan Situbondo dengan bantuan serupa. (Dedi_SJAM)


    Jombang, 31 Mei 2011
    Tim Liputan SJAM

    0 komentar:

    Posting Komentar