Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Jumat, 27 Mei 2011

    PPIP 2011, 16 Desa Kebagian 4 Miliar

    Tahun 2011, Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan kembali digulirkan. Pemerintah mengucurkan anggaran sebesar 250 juta untuk masing-masing desa. Ada sekitar 16 desa yang mendapat kucuran dana tersebut. Sehingga total anggaran PPIP untuk tahun ini mencapai 4 Miliar.

    Hal ini ditegaskan oleh Kepala PU Ciptakarya, Pertamanan dan Kebersihan Kabupaten Jombang, Ir Sutjipto. Dikatakannya, sebanyak 16 desa tersebut tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Jombang. Hal itu ia sampaikan dalam sosialisasi PPIP di ruang Bung Tomo Pemkab Jombang, Kamis (26/5/11) siang.

    Anggaran yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur desa tersebut segera dicairkan dalam waktu dekat. Desa yang kebagian dana tersebut diwajibkan transparan dalam penggunaan dan pembelanjaan anggaran tersebut. Seperti yang dikatakan Sekdakab Jombang, HM Munif Kusnan,SH Msi saat membuka sosialisasi.

    “Harus transparan, jangan sampai ada permasalahan dikemudian hari,” kata Munif kepada sekitar 70 undangan yang hadir. Kekhawatiran Munif tersebut dipicu beberapa kasus yang terjadi dalam pelaksanaan program pembangunan yang dibiayai oleh pemerintah tersebut. Apalagi, perangkat desa dituntut untuk memberikan laporan keuangan yang transparan dan dapat diawasi masyarakat.

    “Itulah gunanya wasmas atau pengawasan masyarakat,” tegas Munif. Ia melanjutkan, penggunaan tenaga outsourching sangat tidak diperkenankan dalam pelaksanaan proyek tersebut, dan harus dilaksanakan sendiri oleh pihak desa.

    “Kami tekankan seperti itu, jangan sampai ada pihak ketiga dalam pelaksanaan proyek ini,” pungkasnya. Program PPIP sudah berjalan sejak 3 tahun lalu, tepatnya 2008. Pada tahun 2008 ada sekitar 10 desa yang mendapat kucuran dana, selanjutnya pada 2009 ada 20 desa dan terakhir tahun 2010 kemarin sekitar 21 desa.

    Dari 16 desa tersebut antara lain desa Tebel dan desa Mojotengah di kecamatan Bareng. Desa Jogoroto kecamatan Jogoroto. Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung. Desa Japanan kecamatan Mojowarno. Desa Jombok dan desa Kertorejo kecamatan Ngoro. Desa Jantiganggong dan desa Sukorejo kecamatan Perak. Desa Kesamben kecamatan Kesamben. Desa Bongkot kecamatan Peterongan. Desa Plandaan dan desa Purisemanding kecamatan Plandaan. Desa Kedungombo kecamatan Ploso. Desa Kedunglosari dan desa Jatiwates kecamatan Tembelang. Ditargetkan pembangunan infrastruktur perdesaan tahun 2011 ini akan selesai pada akhir Nopember 2011. (Dedi/Wati_SJAM)

    Jombang, 27 Mei 2011
    Tim Liputan SJAM

    0 komentar:

    Posting Komentar