Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Jumat, 15 Juni 2012

    Sosialisasi Pagu Raskin Jombang 2012


    Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Bagian Kesra  Jombang,  Bulog sub drive  Surabaya Selatan dan BPS Kabupaten Jombang mengadakan sosialisasi raskin.    Kegiatan Sosialisasi basis data terpadu hasil
    PPLS-2011 dan pagu raskin  2012, digelar pada Jum,at  (15/6) di Ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang. Sosialisasi yang diikuti kepala desa, kelurahan dan Camat se kabupaten Jombang tersebut dipimpin  langsung oleh Wakil Bupati Jombang , Widjono Soeparno, wakil kepala perum Bulog Subdivre Surabaya Selatan , Himawan dan Kepala BPS Jombang, Patris Sayogyo.   


    Widjono Soeparno wakil bupati Jombang mengungkapkan bahwa  dalam pelaksanaan program Raskin tahun 2012 ini,  Pemerintah Pusat melalui Kemenkokesra telah mengelurkan kebijakan baru mengenai penyaluran beras raskin diseluruh Indonesia. Berdasar Data PPLS tahun 2008 penerima raskin di Jombang sebanyak 74.340 RTS-PM. Dan untuk data PPLS 2011 kuota penerima raskin untuk Kabupaten Jombang  naik sebesar 63,99 % yakni 121.910 RTS-PM.


     “Penerima raskin di Jombang ini, disatu sisi bertambah, akan tetapi  disatu sisi ada desa yang  telah berkurang.  Karenanya saya minta  kepada dinas instansi terkait pendistribusian raskin, khususnya camat dan kepala desa lurah selaku pelaksana betul-betul mengawasi pelaksanaan pendistribusiannya agar tepat sasaran, tepat harga, tepat jumlah, tepat waktu, tepat administrasi dan tepat kwalitas jangan sampai ada keluhan di masyarakat penerima manfaat” tandas Widjono Soeparno..


    Wakil  kepala perum Bulog Sub divre Surabaya Selatan , Himawan merinci bahwa untuk pendistribusian raskin berdasar surat dari Menkokesra untuk pendistribusian raskin bulan Januari hingga bulan Mei 2012, di Kabupaten Jombang masih menggunakan data PPLS 2008. Sehingga jumlah penerimanya sebanyak 74 .340 RTS-PM.  Sedangkan untuk bulan Juni sampai Desember 2012, berdasar data PPLS 2011 pemerintah pusat telah mengalolasikan kuota raskin untuk Kabupaten Jombang sebanyak  121.910 RTS-PM.  Adapun  setiap RTS- PM menerima 15 kg/bulan dengan harga beras sebesar 1600 /kg netto di titik distribusi.

    Dipaparkan oleh Himawan, apabila dilihat dari 21 kecamatan,  jumlah RTS-PM rakin naik sekitar  47.570 atau sekitar 63,99 %. Akan tetapi jika dilihat dari  306 desa/ 4 kelurahan yang ada di Jombang,  jumlah  RTS- PM  ada yang  mengalami penurunan yakni sekitar  31 desa    atau 10,13%.


    Sementara Kepala BPS Jombang, Patris Sayogyo pada kesempatan tersebut menjelaskan lebih detil mengenai proses pendataan hasil PPLS 2011 dan jumlah kuota penerima raskin di Jombang. ”Kenaikkan jumlah penerima raskin di Jombang ini memang keputusan dari pemerintah pusat”, tuturnya. Dijelaskan perbedaan PPLS  2008 dan PPLS 2011. Pada PPLS 2008 hanya mencatat rumah tangga miskin. Akan tetapi pada  PPLS 2011 selain mencatat 14 variabel yang sama juga ditambah dengan kecacatan dan pendidikan.

    Dalam forum tersebut juga berlangsung dialog tanya jawab antara  nara sumber dan tim raskin Kabupaten,   Kecamatan  dan  pelaksana distribusi raskin baik ditingkat Kelurahan dan desa. Dengan  sosialiasi ini diaharpkan semakin  meningkatkan koordinasi dan menyamakan persepsi/pemahaman terhadap program Raskin tahun 2012. Sedangkan untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan Program Raskin, dapat diukur dengan indikator 6 T yaitu Tepat sasaran penerima manfaat, Tepat harga, Tepat Jumlah, Tepat waktu, Tepat kualitas dan Tepat administrasi. Hasil evaluasi penyaluran raskin 2011 di kabupaten Jombang telah berjalan dengan baik,  100% selesai penyalurannya.(Wati_SJAM)

    Jombang, 15 Juni 2012
    Radio Suara Jombang AM


    0 komentar:

    Posting Komentar