Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Minggu, 10 Juni 2012

    Menko Kesra Agung Laksono Meresmikan Sarpras Makam Gus Dur Tahap I


    Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) , Agung Laksono meresmikan sarana prasarana (sarpras)  yang ada di kawasan makam mantan presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), pada Minggu (10/6/2012) . Peresmian  ditandai dengan pemotongan pita serta penandatanganan prasasti.

    Sebelum peresmian acara didahului dengan pemaparan pengembangan kawasan makam Gus Dur di pendopo Kabupaten Jombang. Menko Kesra Agung Laksono diterima oleh wakil Bupati Jombang Widjono Suparno, ketua DPRD Jombang dan Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Jombang, sebab Bupati Suyanto tengah bersama Gubernur  Jatim Soekarwo melakukan kunjungan kerja ke Korea terkait dengan investasi.

    Agung Laksono menjelaskan, peresmian tersebut hanya tahap awal, yakni meliputi bangunan untuk tempat dzikir peziarah, asrama, serta dapur. Sedangkan untuk tempat parkir dan museum akan diresmikan pada tahap selanjutnya. "Karena memang pembangunan area makam Gus Dur ini dilakukan secara bertahap, pasti nanti ada peresmian  kawasan makam Gus Dur yang lengkap, Insyallah tahun depan selesai" kata Agung usai acara peresmian.

    Disampaikan oleh Agung Laksono bahwa perencanaan pengembangan kawasan makam Gus Dur dilakukan secara sekaligus dan komprehensif. Dandidalam  pelaksanaannya dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan APBN, APBD Tingkat I dan tingkat II . “Pembangunannya dilakukan dengan model gotong royong baik itu dari PI, Sosial, Dikbud maupun APBD Tingkat I maupun Tingkat II, tutur Agung Laksono.

    Berapa anggaran yang dikucurkan untuk pengembangan makam mantan presiden ke-4 tersebut? Agung mengungkapkan, anggaran yang dikeluarkan sekitar Rp 180 milyar. Anggaran itu merupakan sharing dari pemerintah pusat, pemprop Jatim, serta Pemkab Jombang. Namun untuk pembangunan tahap pertama ini dari kegiatan yang sudah dan tengah direalisasi sesuai dengan pemaparan Kepala Bappeda Jombang agus Riadi bahwa untuk tahap pertama ini dari pemkab Jombang 19,01 Milyar, dari prov. Jatim22,63 Milyar dan dari pemerintah pusat sebesar 19 M,

    Menteri yang baru saja memperoleh gelar doktor honoris causa atau doktor kehormatan bidang manajemen sumber daya manusia dari Universitas Negeri Semarang (Unes) ini menandaskan, bahwa yang dibangun bukan makam Gus Dur. Namun lebih pada fasilitas yang ada di sekitar makam. Semisal, pembangunan areal parkir,pelebaran jalan, museum, tempat peziarah,”Bukan  makamnya Gus Dur yang kita bangun, tapi kawasan sekitar makamnya yang dibangun”, tandasnya.

    Sementara itu dalam sambutannya, Gus Solah mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah melakukan pembangunan makam kakaknya itu. Menurut Gus Solah, semua itu berawal dari jumlah peziarah yang terus meningkat dari hari ke hari. Jika hari biasa, jumlah peziarah sekitar 2 ribu orang. Sedangkan pada hari libur, jumlah peziarah mencapai 7 sampai 8 ribu orang.

    Gus Solah kemudian melaporkan kondisi tersebut ke presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), tepatnya pada Maret 2010. "Alhamdulillah oleh Bapak Presiden langsung ditindaklanjuti. Tahun 2011 mulai dilakukan pembebasan tanah dan juga proses pembangunan," kata Gus Solah

    Usai dilakukan pemotongan pita serta penandatanganan prasasti Menko Kesra Agung Laksono dan rombongan melakukan tabur bunga  dan melihat langsung sarpras yang menjadi pintu masuk para peziarah. (Wati_SJAM)

    Jombang, 10 Juni 2012
    LPPL Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar