Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Senin, 14 Mei 2012

    Orang Tua Dan Guru Harus Sinergi Dan Tidak Gaptek



    Perkembangan manusia seutuhnya dimulai dari sejak usia dini. Yakni  sejak anak masuk pada  pendidikan anak usia dini (paud) hingga Taman Kanak-Kanak. Dalam rangka membentuk sumberdaya manusia atau generasi muda yang aktif kreatif dan memiliki percaya diri utamanya  anak-anak PAUD dan TK Di Kabupaten Jombang telah digelar berbagai kegiatan untuk  anak-anak PAUD dan TK dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Anak Nasional (HAN),  mereka dilibatkan dengan kegiatan karnaval dengan memperkenalkan budaya khas Jombangan. Kemudian pada anak-anak TK digelar parade drum band TK se Kabupaten Jombang (12/5)pagi, di Alon Alon Jombang.

    Acara ini diselenggarakan untuk menciptakan sebuah wadah perlombaan drum band se-Kabupaten Jombang.  Parade drum band sebagai ajang aktualisasi minat dan bakat sekaligus ajang mengukir prestasi. Acara yang dibuka oleh dr. Hj. Nina Suyanto, MKes ini  diikuti sekitar  50 kelompok drumband Taman Kanak-kanak se-Kabupaten Jombang.

    Kegiatan ini diapresiasi positif oleh dr.Hj.Nina Suyanto, MKes, Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Jombang. Melalui kegiatan ini akan  menempa mental anak-anak dan membentuk sikap prilaku mereka. “Dengan memperkenalkan kepada anak dunia keceriaan, bermain, kehangatan dan kasih saying, secara mental anak akan berkembang dengan baik”, tutur Nina Suyanto. Namun jika sebaliknya akan membentuk anak menjadi pribadi yang sulit.

    Menghadapi era globalisasi  Nina Suyanto juga mewanti-wanti orang tua dan guru untuk  bersatu padu dalam  membimbing dan mangawasi anak-anak. “Kita tidak bisa  membatasi arus globalisasi, anak-anak sudah mengenal internet, namun mereka belum mampu menyaring informasi yang masuk. Ini usia emas, apa yang masuk dipikiran dan terrekam diotaknya akan  membekas diotaknya hingga dia dewasa padahal itu adalah sesuatu yang salah yang akan dia yakini menjadi kebenaran ”, tuturnya.

    Oleh karenanya kepada orang tua dan guru dihimbau  untuk tidak gagap teknologi.  Nina Suyanto menghimbau agar guru selalu membuka wawasan dan harus belajar IT. “Jangan sampai anak pinter IT, orang tua dan guru gaptek”, tandasnya.  Dengan adanya orang tua dan guru yang selalu membuka wawasan baru dengan   ikut belajar IT, hal ini sekaligus juga akan dapat turut  membuka wawasan anak-anak kedepan tentang IT,   saling berbagi ilmu dan membimbing anak menjadi lebih baik”, tuturnya.

    Dalam rangka hari anak nasional dr. Nina Suyanto MKes, berharap kepada orang tua dan guru  meningkatkan  perhatian dan bimbingan  kepada anak, utamakan pendidikan dan pelajaran yang sesuai dengan usia anak.  Demikian juga  untuk keluarga yang tinggal didaerah terpencil. Selain itu juga, peringatan hari anak nasional ini hendaknya menjadi renungan dan tanggungjawab seluruh komponen masyarakat agar mempersiapkan anak-anak yang berkualitas, mandiri dan kreatif melalui pengasuhan, pendidikan, kesehatan dan kasih sayang. (Wati_SJAM)

    Jombang, 12 Mei 2012
    LPPL Radio Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar