Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Rabu, 30 Mei 2012

    Kapolda Jatim Resmikan Pusat Latihan BRIMOB Di Bareng Jombang



    Kapolda Jatim, Irjen Pol Drs. Hadiatmoko, SH meresmikan pusat latihan Brimob di Dusun Kedunggalih Desa/Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, pada Rabu (30/5/2012). Acara diawali dengan pemaparan rencana garis besar latihan  di mapolsek Bareng. Kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan di lapangan Bareng. Sebanyak  832 persinol Brimob se Jatim diantaranya 390 personil adalah peserta latihan, 202 Kolat dan Instruktur serta 240 pasukan pendamping.

    Usai upacara  Kapolda, beserta rombongan Bupati Jombang dan Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Jombang  melakukan penanaman pohon secara simbolis di area tanah milik Polda  Jatim yang dihibahkan kepada Brimob Jatim.

    Kapolda mengatakan, selama ini di Jatim belum ada tempat latihan khusus untuk Brimob. Sehingga, yang digunakan latihan menggunakan tempat di wilayah Watukosek. Padahal tempat tersebut digunakan oleh seluruh anggota Polri di Indonesia. "Dan Alhamdulillah, sekarang Polda Jatim sudah punya tempat sendiri. Sehingga pelatihan Brimob Polda Jatim kita pusatkan di Kedunggalih, Jombang," kata Kapolda yang didampingi Bupati Jombang Suyanto.

    Irjen Pol Hadiatmoko  mengungkapkan, lahan seluas 30 hektar itu cukup layak digunakan untuk melatih ketangkasan Brimob. Ini dikarenakan  medannya yang berbukit dan diselingi dengan perkebunan tebu. Lahan tersebut secara resmi milik Polri. "Seluruh surat-surat tanahnya juga lengkap. Kita juga sudah minta ijin ke bapak bupati untuk menggunakan lahan tersebut sebagai pusat latihan," tambahnya.

    Tujuan pelatihan itu sendiri, menurut Kapolda, untuk menggembleng kemampuan personel Brimob. Agar Brimob lebih professional dan proporsional dalam menanggulangigangguan keamanan intensitas tinggi.. Latihan meliputi  SAR, ketangkasan hingga PHH (Pasukan Anti Huru Hara). Ia juga memastikan bahwa latihan Brimob itu tidak akan menganggu aktivitas warga setempat. "Latihannya tidak ada dar.. der.. dor..tembakan. Tapi bisik-bisik. Jadi tidak akan mengganggu warga," ujar Kapolda.


    Keterangan Kapolda Jatim tersebut diamini oleh Bupati Suyanto. Dikatakan Bupati Suyanto bahwa memang Polda Jatim memiliki tanah yang cukup luas di Bareng. Dengan dijadikannya lahan seluas 30 Ha tersebut tidak akan mengganggu penduduk yang bermukim disekitarnya.

    Untuk merawat lingkungan sekitar, Kapolda melakukan penanaman pohon secara simbolis. Selanjutnya, ia meminta kepada seluruh anggota Brimob untuk melakukan hal serupa. Dengan begitu, lingkungan di sekitar pusat latihan semakin lestari.

    Satbrimob akan melaksanakan latihan setiap triwulan sekali. Pada latihan kali pertama di dusun Kedunggalih Desa/Kecamatan Bareng tersebut akan dilaksanakan selama 4 hari hingga 2 Juni 2012. (Wati_SJAM).

    Jombang, 30 Mei 2012
    LPPL Radio Suara Jombang AM

    1 komentar:

    1. BRIMOB memang joss, tidak seperti tentara yg selalu musuhan dg rakyat yg tanahnya dipakai latihan perang tentara

      BalasHapus