Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Kamis, 22 September 2011

    Jombang Menuju Kabupaten Layak Anak

    Jombang Menuju Kabupaten Layak Anak


    Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Meneg PP&PA) Linda Amalia Sari Gumelar mencanangkan Jombang sebagai kabupaten layak anak. Pencanangan itu digelar secara simbolis di pendopo pemkab Jombang , Kamis (22/9/2011). Dengan pencanangan itu, Jombang merupakan kabupaten/kota ke-75 dari 15 provinsi target 100 kabupaten/kota tahun 2014.

    Dalam sambutannya Linda mengatakan, pencanangan tersebut dalam rangka menciptakan sumber daya manusia berkualitas tinggi yang dimulai dari anak usia dini. Nah, untuk meciptakan sumber daya unggul itu tidak datang dengan sendirinya. Namun harus melalui sistem yang mendukung serta terpenuhinya hak-hak anak.

    Linda mengakui, pembangunan yang dilakukan selama ini telah menghasilkan kemajuan yang cukup signifikan bagi anak-anak. Namun di sisi lain, masih ada anak-anak yang mengalami diskriminasi. Sehingga mereka tidak mampu menikmati hak-haknya, semisal hak memperoleh pendidikan, mengakses kesehatan, serta mendapatkan informasi.

    "Berdasarkan hal-hal diatas itulah kami mengembangkan kebijakan KLA (Kabupaten Layak Anak). Kebijakan KLA bertujuan membangun sistem pembangunan anak yang lebih terintegrasi dan berkelanjutan dalam dimensi kabupaten/kota," kata Linda

    Kabupaten Jombang telah berkomitmen dan siap untuk Menuju Kabupaten Layak Anak. Ini disampaikan wakil Bupati Jombang Widjono Suparno yang mewakili Bupati Jombang siang itu. “Komitmen ini bukan sekedar ikut-ikutan, tapi adalah sebagai kebutuhan yang harus ditindak lanjuti dan kita akan bersinergi dengan pihak swasta untuk mewujudkannya ”, tutur Wabup Widjono Suparno.

    Oleh karenanya pemerintah Kabupaten Jombang akan segera menindaklanjuti dengan membuat regulasi baik peraturan daerah maupun peraturan bupati terkait kabupaten layak anak, menyusun rencana aksi daerah, termasuk pemenuhan kebutuhan hak anak seperti akte kelahiran, pendidikan,kesehatan dan akan merevitalisasi taman bermain. “Di internal, kita sudah bicarakan untuk membangun Taman Wahana Belajar Anak yang layak disebelahnya perpustakaan Mastrip Jombang”, cetus Widjono.

    Selain mencanangkan KLA, dalam kesempatan itu Linda juga memberikan bantuan kepada Bina Keluarga Balita, Kesehatan Reproduksi Remaja Kid, anak jalanan, serta seorang penderita gizi buruk asal Kecamatan Mojowarno. Hadir dalam acara itu wakil bupati Widjono Soeparno, Ketua DPRD Bahana Bela Binanda, serta Kapolres Jombang AKBP Marjuki, Ketua Tim Penggerak PKK Nina Suyanto.

    Seluruh pengisi hiburan siang itu adalah dari unsur anak-anak, pelajar kabupaten Jombang. Diantaranya drumband TK Pertiwi Jombang, Pradanas band dari SDN Kepanjen 2 Jombang, sanggar keroncong anak dan remaja Jombang.(Wati_SJAM)

    Jombang, 22 September 2011
    Tim Liputan LPPL Radio Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar