Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Sabtu, 15 Januari 2011

    PRESTASI DAN PENGHARGAAN PEMERINTAH KABUPATEN JOMBANG

    Penghargaan yang di raih pada 2010 :

    Thumbs upinhijauPada  Nopember 2009, Kabupaten Jombang mendapat penghargaan di tingkat nasional dalam program Menuju Indonesia Hijau. Yaitu Penganugerahan penghargaan dari Presiden dalam  bidang lingkungan, yaitu  Piagam Penghargaan Raksaniyata.  “ Program Menuju Indonesia Hijau merupakan satu instrumen evaluasi terhadap pemerintah kabupaten akan pelaksanaan bidang konservasi sumber daya alam dan      pengendalian kerusakan lingkungan. Kabupaten Jombang adalah satu-satunya Kabupaten penerima penghargaan ini di Pulau Jawa.

    Thumbs upPenghargaan dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono berupa Piala Citra Bhakti Abdi Negara (CBAN) di Istana Negara, pada Kamis 11 Pebruari 2010. Penghargaan Citra BHakti Abdi Negara diberikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemkot) yang dinilai memiliki komitmen kuat dalam mengimplementasikan kebijakan pelayanan publik yang penilainnya dilakukan sepanjang tahun 2009.

    Thumbs upPiala Adipura sebagai lambang supremasi bidang pengelolaan tata kota, adipurakebersihan dan keindahan lingkungan Kabupaten/ Kota kembali diraih oleh Kabupaten Jombang.  Tahun 2010 ini  adalah Penghargaan Adipura kali ke lima yang diterima secara berturut-turut untuk kategori kota sedang. Diterima pada (8 Juni 2010)  di Istana Negara Jakarta, Bupati Suyanto  menerima Piala Adipura  dari Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono. 

    Thumbs up Kabupaten Jombang  mendapatkan Penghargaan Juara I Kategori Penyusunan Program Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas untuk Kelompok B (Kota Sedang). Penghargaan ini diraih atas kerjasama yang terjalin antara Polres Jombang dan instansi terkait serta tidak kalah penting peran seluruh masyarakat dalam membantu kelancaran tugas-tugas dari kepolisian Acara yang digelar di Gedung Mahameru Mapolda Jawa Timur, pada tanggal 1 Juli 2010.

    Thumbs up Bupati Suyanto pada 13 Juli 2010 menerima penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Koperasi. Penghargaan diserahkan oleh Menteri  Koperasi RI, Syarifuddin Hasan.  Penghargaan tersebut diserahkan pada acara Rapimnas Koperasi di Hotel JW Marriot Surabaya.

    Thumbs up Penghargaan yang diraih oleh Kabupaten Jombang di bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pada Jum’at, 30 Juli 2010, bertempat di halaman depan Kantor Perwakilan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia di Jalan Kayoon Surabaya, pemberian penghargaan bagi desa yang berprestasi dalam menegakkan hukum di daerah sebagai salah satu program sadar hukum diterimakan oleh Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar, kepada kabupaten, kecamatan, desa dan warga masyarakat yang berprestasi. Kabupaten Jombang salah satu kabupaten diantara 11 kabupaten dan kota yang mendapatkan penghargaan tersebut. Dan Desa Segodorejo Kecamatan Sumobito sebagai desa percontohan sebagai desa sadar hukum dalam wilayah kabupaten.  Penghargaan Anubhawa Sasana Desa

    Thumbs up JPPenghargaan dan apresiasi diberikan oleh dari The Jawa Pos Institute of Pro – Otonomi (JPIP) untuk pemerintah kabupaten / kota yang telah berinovasi dalam mendukung pelaksanaan otonomi daerah. Penghargaan Otonomi Awards kali ke-9 yang dilaksanakan pada hari Rabu, 4 Agustus 2010. Kabupaten Jombang memborong 3 penghargaan sekaligus. Antara lain;

    Thumbs upPenghargaan khusus inovasi bidang penguatan ekonomi lokal (Local Economic Empowerment).

    Keberhasilan Kabupaten Jombang dalam bidang pertanian dengan upaya meningkatkan taraf hidup dengan mengoptimalkan pendapatan masyarakat petani, salah satunya dengan adanya sarana prasarana berupa laboratorium pertanian yang sangat membantu para petani dalam meningkatkan proses persiapan sampai dengan masa panen untuk seluruh komoditi tanaman. Sehingga dengan adanya laboratorium ini maka hasil panen yang maksimal akan tercapai.

    Thumbs upPenghargaan inovasi bidang sanitasi (Community on Total Sanitation)

    Penghargaan di bidang kesehatan melalui kelompok ODF (Open Defecation Free) dimana masyarakat diarahkan atau dibiasakan untuk menggunakan kakus yang baik dan benar.

    Thumbs up Penghargaan ini merupakan kategori utama pemenang otonomi award, yang dicapai oleh Kabupaten Jombang, sebagai daerah dengan terobosan paling menonjol bidang pembangunan eknomi (Economic Growth).

    Sebagai wujud dari kabupaten / kota yang memiliki kinerja terbaik dalam berinovasi pada bidang ekonomi, pelayanan publik, politik lokal, pengentasan kemiskinan dan lingkungan hidup khususnya dalam meningkatkan otonomi daerah ialah bidang pertumbuhan ekonomi (Economic Growth).

    Thumbs upDrs. H. Suyanto MMA Bupati Jombang, pada Jum’at (12/11) di Gedung Grahadi Surabaya menerima penghargaan Invesment Award dari Gubernur Jawa Timur. Kabupaten Jombang berada diperingkat Terbaik II untuk kategori kinerja ekonomi daerah. Berbagai upaya dilakukan Pemprov Jatim untuk meningkatkan daya saing daerah terhadap iklim investasi sehingga para investor mempunyai minat untuk menanamkan modalnya di Jatim, salah satunya dengan memberikan investment Award bagi daerah yang berhasil menarik investor di Jatim. Pemprov Jatim melakukan proses penilaian terhadap kinerja ekonomi dan investasi dari 38 kabupaten/kota se-Jatim yang disurvei berdasarkan enam kategori yaitu kategori kelembagaan, keamanan usaha, promosi investasi, kinerja ekonomi daerah, tenaga kerja dan kinerja infrastruktur fisik.

    Thumbs up Penghargaan Kabupaten Penggerak Koperasi Tahun 2010 dengan peringkat Paramadhana Utama Nugraha Koperasi yang diterima langsung oleh Bupati Drs. H. Suyanto, MMA. Dan penghargaan Koperasi Wanita Mekar Sari Kecamatan Megaluh yaitu sebagai koperasi wanita berprestasi, dari Gubernur Jatim pada Jum’at 19 Nopember 2010, di Gramedia Expo Jalan Basuki Rahmat Surabaya.

    Koperasi sebagai tulang punggung perekonomian di Indonesia bukan hanya sebagai slogan semata, karena dengan adanya koperasi maka hampir dipastikan daerah tersebut perekonomiannya maju. Hal ini dapat dibuktikan dengan data yang ada di Jawa Timur bahwa dari sejumlah 4,2 juta UMKM dan 20.000 koperasi mampu menyumbangkan kontribusi positif sebesar 53,04 persen terhadap PDRB (Produk Domestik Regional Bruto). Berbagai hal telah dilakukan oleh para pelaku UMKM dan koperasi dalam meningkatkan perekonomian daerah maupun nasional, oleh karena itu perlu kiranya memberikan apresiasi terhadap kinerja para pelaku UMKM dan koperasi tersebut.

    Thumbs upsatwaKabupaten Jombang tidak tanggung-tanggung dalam mensukseskan program Green Indonesia, hal ini dapat dibuktikan bahwa Kabupaten Jombang berhasil meningkatkan luasan daerah hijaunya dengan berhasil mempertahankan penutupan hutan dan memulihkan kerusakan lingkungan hidup. Upaya ini tidak lepas dari peran seluruh elemen masyarakat khususnya masyarakat sekitar hutan dan para pemerhati lingkungan.

    Pada tahun 2009 lalu Kabupaten Jombang meraih Piagam Raksaniyata dan pada tahun 2010 ini meningkat menjadi Trophy Raksaniyata, sebagai kabupaten yang peduli terhadap pelestarian hutan dan upaya pemulihan lingkungan yang rusak dengan penambahan tutupan vegetasi. Penghargaan diterima oleh Bupati Jombang, Drs. H. Suyanto, MMA., dari Menteri Negara Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Gusti Muhammad Hatta, MA, bertempat di Taman Mini Indonesia Indah pada Senin 29 Nopember 2010.

    Kabupaten Jombang merupakan salah satu dari 11 kabupaten di seluruh Indonesia yang menerima Trophy Raksaniyata. Penilaian dilakukan dengan melibatkan kementerian atau lembaga terkait, pemerhati, pakar serta LSM yang dievaluasi oleh Tim Pengarah dan Dewan Pertimbangan Penilaian.

    Thumbs upBerbicara tentang konservasi hutan pada dasarnya tidaklah mengherankan, karena persepsi yang sering muncul selalu dihubungkan dengan bahaya banjir, tanah longsor, kekurangan air, kebakaran hutan yang mengakibatkan asap dan lain sebagainya. Padahal pentingnya hutan yang merupakan simbul ekosistem yang komplek, karena peranan fungsi dalam mengendalikan dan menyimpan air. Untuk mewujudkan ekosistem hutan, maka perlu dijaga dengan ketat atas keutuhan dan kelestariannya, agar tidak terganggu dari berbagai ancaman-ancamannya, hingga terciptanya kenyamanan lingkungan hidup.

    Kabupaten Jombang melalui bupatinya, Drs. H. Suyanto MMA, terus mendukung gerakan melestarikan hutan yang terdapat di Indonesia guna terciptanya kondisi bumi yang lebih baik serta demi kelangsungan hidup semua makhluk di dalamnya melalui gerakan Indonesia Rainforest Movement. Perubahan iklim yang semakin ekstrim membuat pemerintah dan masyarakat kian peduli lingkungan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk turut serta mencegah dampak pemanasan global. Merehabilitasi dan melestarikan hutan adalah salah satunya. Merehabilitasi hutan, dengan cara adopsi pohon, seperti yang dilakukan baru-baru ini melalui program OBIT (Penanaman Satu Milyar Pohon) di sekitar Embung Kepuhrejo Kecamatan Kudu.

    Dalam rangka memotivasi dan meningkatkan kepedulian / komitmen masyarakat dan aparat pemerintah Kabupaten dalam pembangunan kehutanan, maka melalui Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : SK.459/MENHUT-II/2010, telah diputuskan penerima penghargaan Kabupaten dan Kota peduli kehutanan pada Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam Wana Lestari Tahun 2010. Pada kesempatan tersebut Kabupaten Jombang mendapatkan penghargaan Peringkat II Nasional dari 22 Kabupaten/Kota terpilih sebagai Kabupaten Peduli Kehutanan. Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Jombang, Drs. H. Suyanto MMA, dari Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, bertempat di Kantor Kementerian Kehutanan Jakarta pada Kamis, 2 Desember 2010.

    Thumbs up Berbagai penghargaan telah diraih oleh Kabupaten Jombang, bahkan dalam kurun waktu 1 bulan saja, Kabupaten Jombang mendapatkan 3 penghargaan tingkat nasional. Diawali dengan Penghargaan Raksaniyata, Peduli Hutan dan yang terakhir ini, pada Rabu tanggal 15 Desember 2010 ini, bertempat di Istana Wakil Presiden RI, Direktur RSUD, dr. Bambang D. Hayunanto, Sp.KK., Jombang menerima Penghargaan Citra Pelayanan Prima sebagai program pemberian penghargaan kepada unit pelayanan dalam upaya meningkatkan kinerja penyelenggaraan pelayanan kepada publik.

    Penentuan pemberian penghargaan ini dilakukan melalui mekanisme seleksi penilaian yang transparan dan obyektif. Penilaian dititikberatkan pada beberapa kriteria pada upaya pengembangan dan implementasi visi dan misi pelayanan prima, pengembangan sistem dan prosedur pelayanan, termasuk pengelolaan pengaduan masyarakat, serta penerapan standar manajemen mutu ISO 2008. Kriteria lain adalah pengelolaan dan penggunaan SDM serta pengembangan budaya kerja organisasi dalam semangatnya untuk berinovasi, dan menciptakan terobosan perubahan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

    Bupati Jombang, Drs. Suyanto, MMA menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh masyarakat Kabupaten atas segala dukungan , kerja keras dalam mewujudkan Kabupaten Jombang yang Luar Biasa

    Kabupaten Jombang memang Luaaaar Biasa, untuk meraih prestasi dan menjadi yang terbaik tentu tidak mudah..... perlu kerja keras, dan dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Jombang. Semoga apresiasi dan penghargaan ini justru semakin menjadi motivasi dan pendorong kita semua dalam meningkatkan kinerja guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Jombang yang sejahtera

    2 komentar: