Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Rabu, 19 Januari 2011

    Pemkab Jombang Setuju Naikkan TPAPD


    Pemkab akhirnya memberi sedikit angin segar untuk ribuan aparatur perangkat desa dan kepala desa. Setelah demonstrasi besar-besaran yang digelar oleh AKDP ( Asosiasi Kepala Desa dan Perangkat ) di depan Pendopo Pemkab Jombang pada Rabu (19/1/2011) siang dan melewati dialog yang cukup alot, akhirnya pemerintah daerah menyetujui salah satu dari 3 tuntutan perangkat desa.

    3 tuntutan perangkat desa tersebut antara lain menaikkan TPAPD atau Tunjangan Pendapatan Aparatur Perangkat Desa, pemberian dana bantuan tali asih untuk perangkat yang habis masa tugasnya atau purna tugas dan merubah SK masa jabatan yang hanya 10 tahun menjadi sampai yang bersangkutan berusia maksimal 60 tahun.

    Bupati Suyanto saat menjawab aspirasi dari perangkat desa menjelaskan bahwa yang memiliki payung hukum terkait pemberian tali asih hanya sekretaris desa. “Kita disini harus mematuhi dasar dan payung hukum yang jelas, kalau sekdes sudah jelas ada payung hukumnya, Pemkab tidak mungkin menyengsarakan perangkat desa, itu tidak mungkin dan pasti kita upayakan” tegasnya.

    Perangkat desa bersikukuh untuk mendapat persetujuan terhadap 3 tuntutan mereka, meskipun dialog berlagsung panas, namun akhirnya Pemkab Jombang menyatakan akan menaikkan TPAPD melalui PAK (Perubahan Anggaran Kegiatan). “Pada dasarnya Pemkab sanggup menaikkan tunjangan tersebut dengan catatan melalui perubahan anggaran” kata Suyanto.

    “Penambahan penambahan tersebut yang bisa kita alokasikan sekitar 2 – 4 Milyar untuk 302 desa dan 4 kelurahan, kalau yang tali asih untuk sekdes itu punya hukum yang jelas dan maksimal jumlah dana yang diberikan 20 juta, kalau tidak ada payung hukum yang jelas kami tidak berani menganggarkan baik melalui nomenklatur PAK maupun APBD” tambah Suyanto. Pembahasan tersebut segera akan dilakukan pada minggu pertama bulan Juli atau minggu terkahir bulan Mei menunggu pemeriksaan BPK terhadap APBD sebelumnya. ( Dedi _ SJAM )

    Jombang, 19 Januari 2011

    Tim Liputan SJAM

    0 komentar:

    Posting Komentar